PEKANBARU - Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Pekanbaru hari ini menggelar acara donor darah dalam tema 'Gemasatukata' (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina). Acara ini merupakan agenda tahunan dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) dan Seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKIPM yang ada di Seluruh Indonesia.

Bertempat di Kantor SKIPM Pekanbaru, Jalan Rawa Indah, Arifin Ahmad, agenda donor darah yang dilaksanakan sejak pagi tadi diikuti oleh pegawai instansi pemerintah terkait, masyarakat setempat, dan pelaku usaha perikanan.

Ketua Panitia Gemasatukata Stasiun SKIPM Pekanbaru, Umar Fauzi, SE menuturkan kepada GoRiau.com, Selasa, (10/4/2018), gelar donor darah ini bertujuan untuk memperluas pengenalan kepada masyarakat terkait karantina ikan. Dengan demikian, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mutu dan keamanan produk ikan.

"Dengan adanya kegiatan di Bulan Bakti Karantina ini, kami berharap masyarakat akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Mutu dan Keamanan Produk Perikanan. Sehingga semua pihak dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan ikan, mutu, dan keamanan hasil perikanan, serta keberlanjutan sumber daya ikan," jelasnya.

Ads
Sementara itu, akan ada agenda lain dalam 'Gemasatukata', selain gelar donor darah hari ini. Jika tidak ada aral melintang, mulai Rabu - Kamis (11-12 April 2018), akan digelar Bazar ikan murah di lokasi yang sama, Kantor Stasiun KIPM Pekanbaru, tepatnya jam 09.00-14.00 WIB.

"Benar, besok kita ada acara lanjutannya, ada bazar ikan murah. Dalam acara itu masyarakat bisa membeli ikan yang murah dan berkualitas," ujar Penanggungjawab IT Ibnu Batutah yang saat itu juga berbincang dengan GoRiau.com. ***