SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sebagai daerah destinasi wisata di Provinsi Riau, Pemkab Siak terus berupaya mengembang sektor pariwisata di Negeri Istana ini. Salah satunya dengan cara membangun sejumlah objek wisata baru yang dipusatkan di Kecamatan Mempura.

"Selama ini Mempura sudah dikemas sebagai daerah ekowisata. Ke depan akan dibangun objek-objek wisata baru yang berbeda dengan seberang (Kota Siak,red), sehingga wisatawan tidak hanya datang ke Kota Siak saja, tapi juga bisa menginap di Mempura," kata Syamsuar saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Mempura di Aula Kantor Camat Mempura, Selasa (24/2/15).

Bupati mengharapkan kepada semua peserta Musrenbang agar dapat berpartisipasi secara sungguh-sungguh. Usulan-usulan pembangunan yang disampaikan, diharapkan mencakup semua sektor, seperti ekonomi kerakyatan, pertanian, kerajinan dan sebagainya dengan tetap memperhatikan seluruh potensi daerah yang dimiliki.

"Jangan hanya seputar masalah jalan saja yang diusulkan saat Musrenbang ini. Harus ada sektor pembangunan lain yang menjadi perhatian warga untuk mendapat dukungan dari pemerintah daerah," jelasnya.

Camat Mempura Hendi Derhavin mengatakan, masih banyak usulan pembangunan kampung dan kelurahan yang bisa disampaikan pada Musrenbang ini. Seperti pembangunan Puskesmas Pembanttu (Pustu,red), yang masih minimnya fasilitas dan sarana sehingga tidak optimalnya pelayanan kepada masyakarat di Mempura.

Selanjutnya, sesi dialog Penghulu Kampung Benteng Hilir mengusulkan normalisasi dan pembersihan Sungai Siak dari pencemaran, peningkatan atap Puskesmas dan perbaikan Jalan Setia untuk mengatasi erosi. Dari Kampung Tengah mengusulkan pembangunan gedung Madrasah Ibtidaiyah, alat-alat musik zapin, kompang dan sound system, gedung sanggar, peningkatan ekonomi kerakyatan melalui bantuan bibit karet dan pupuk. Sedangkan Kampung Teluk Merempan mengusulkan pembangunan SMA kelas jauh, pembangunan Pustu dan sarana pendukungnya.

Turut hadir pada Musrenbang Mempura itu, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Siak, Lurah dan Penghulu se-Kecamatan Mempura, serta tokoh masyarakat.(rls)