BENGKALIS, GORIAU.COM - Pengurus Cabang Nadhatul Ulama (NU) Kabupaten Bengkalis, menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) IV. Konfercab dengan agenda untuk memilih ketua dibuka secara resmi Bupati H Herliyan Saleh, Sabtu (31/1/2015) malam.

Ketika membuka Konfercab) IV tersebut, Herliyan berharap, siapapun yang terpilih nantinya, benar-benar sosok yang memiliki visi dan misi serta aksi nyata untuk menjawab realitas dan tantangan yang berkembang di masyarakat. Khususnya umat Islam di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini.

''Sosok yang bukan saja mampu membawa kemajuan bagi perkembangan NU, tetapi juga bagi kemajuan dan kemaslahatan umat Islam di daerah ini. Baik pada saat ini maupun di masa yang akan dating,'' harap Herliyan.

Figur yang akan dipilih, harap Bupati lagi, adalah adalah sosok yang dapat menjadi imam dan suri tauladan serta dapat menjadi milik keluarga besar NU maupun seluruh umat Islam yang ada di kabupaten bengkalis.

''Mampu menjadi pengawal dan penjaga NU. Sebagaimana tunjuk ajar melayu, pilihlah sosok yang benar-benar dapat didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting. Calon yang ucapannya didengar dan perbuatannya diturut,'' ujar Bupati bergelar Datuk Setia Amanah Junjungan Negeri ini.

Kemudian, sesuai tema Konfercab IV NU ini, yaitu ''Merangkai Islam dan Keindonesian dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,'' Bupati berharap dapat dihaslkan berbagai keputusan.

Diantaranya, keputusan-keputusan yang dapat semakin mempersatukan umat Islam di daerah ini. Dapat membentengi umat Islam dari berbagai pengaruh negatif perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini berkembang pesat.

''Serta Keputusan-keputusan yang dapat mengantisipasi sedini mungkin terjadinya gesekan-gesekan atau konflik, baik sesama umat Islam maupun dengan umat beragama lainnya. Keputusan-keputusan yang dapat semakin mempercepat keberhasilan peningkatan kualitas tingkat kesejahteraan umat Islam di Kabupaten Bengkalis,'' harapnya.

Selain Ketua Tanfidziyah NU Riau yang Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau, H Tarmizi Tohor, ikut hadir dalam pembukaan Konfercab IV NU itu, diantaranya, Sekretaris Daerah H Burhanuddin, terlihat hadir dalam Konfercab IV NU Kabupaten Bengkalis tersebut, Inspektur Bengkalis H Mukhlis, Ketua Majelis Ulama Indonesia Bengkalis H A Rahman D dan Ketua NU Kabupaten Bengkalis Amrizal.

Sedangkan dari legislatif, ikut hadir pada Konfercab IV dengan agenda pemilihan Ketua NU itu, diantaranya Syofyan (PDI Perjuangan) dan H Zamzami (Partai Amanat Nasional). Keduanya adalah anggota Komisi II DPRD Bengkalis. (jfk)