SELATPANJANG - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau Drs Lukman Hakim SH berpesan agar petugas BPN Kepulauan Meranti lebih meningkatkan kinerja dalam melayan masyarakat. Ia tak ingin ada keluhan warga atas buruknya pelayanan yang diberikan petugas BPN Kepulauan Meranti.

Itu disampaikan langsung oleh Lukman Hakim saat memberi sambutan dalam kegiatan peresmian kantor baru BPN Kepulauan Meranti Jalan Johari Dagang, Dorak, Selatpanjang, Selasa (23/5/2017). Kata Lukman Hakim, dengan dioperasionalkan secara resmi kantor baru untuk BPN Kepulauan Meranti ini, diharapkan pula bisa menjadi pemicu semangat petugas dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik dan smart dari sebelum-sebelumnya.

"Gedung bagus. Kalau di luar bagus, jangan sampai dalamnya keropos, harus bagus juga. Harus seimbang, gedung bagus dalam (kinerja pegawai) juga bagus," pesan Lukman Hakim.

Ia juga meminta petugas BPN Kepulauan Meranti untuk memberikan pelayan dengan baik kepada masyarakat. Ia tak ingin nantinya ada mendengar keluhan dari masyarakat. Guna memaksimalkan kinerja, petugas BPN Kepulauan Meranti juga diminta untuk intens membangun sinergisitas dan komunikasi yang baik kepada bupati hingga jajan, termasuk kantor-kantor dan badan lainnya, dan perbankan.

"Beri pelayanan baik ke masyarakat, karena gedung ini dibiayai oleh uang rakyat. Jangan lagi sakiti hati rakyat, masyarakat, saya tak mau dengar ada keluhan pelayanan di sini. Kalau tidak sekarang kita tingkatkan kinerja, kapan lagi," kata Lukman.

Sebelumnya, Kepala BPN Kepulauan Meranti Risna Virgianti SH mengucapkan terima kasih kepada Pemda Meranti atas hibah tanah seluas lebih kurang 5.000 persegi untuk pembangunan gedung baru. Diceritakan Risna, awal di Kepulauan Meranti mereka tak memiliki kantor. Mereka terpaksa pindah dari satu ruko ke ruko yang lain. Beruntung saat itu Pemda Kepulauan Meranti meminjamkan gedung yang terletak di Jalan Terpadu Dorak Selatpanjang.

"Tujuh tahun kami melanglangbuana. Tiga tahun kami berpindah-pindah dari satu ruko ke ruko lain. Alhamdulillah kami dipinjamkan gedung oleh Bupati. Mudah-mudahan kehadiran kami dapat berkontribusi untuk pembangunan di Meranti. Kami berterima kasih pada bupati, kami dihibahkan tanah 5.000 persegi," kata Risna.

Bupati H Irwan, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas diresmikan penggunaaan gedung Kantor BPN Kepualauan Meranti. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Suwandi yang menjadi perintis BPN di Kepulauan Meranti sejak 2011 silam. Perjuangan Suwandi tak tanggung-tanggung, demi memperjuangkan agar pengelolaan pertanahan di Kepulauan Meranti baik, ia harus masuk-keluar penjara. "Kami atas nama Kabupaten Kepulauan Meranti mengucapkan terimakasih," ujar Irwan.

Irwan berharap dengan adanya BPN apalagi sudah menempati kantor baru, bisa membantu masyarakat dalam hal mengurus surat-surat tanah. Sebab, kata Irwan lagi, dulu saat bergabung dengan bengkalis, masyarakat harus mengeluarkan biaya yang besar, waktu yang panjang, dan sangat menyulitkan. Tapi dengan hadirnya BPN di Kepulauan Meranti, bisa pula memberi kemudahan ke masyarakat yang hendak mengurus surat tanah.

Sebelum peresmian kantor BPN yang baru ini, terlebih dahulu ada penyerahan sertipikat lahan untuk Polres Kepulauan Meranti, Kejaksaan, dan beberapa pihak lainnya. Lalu, pembukaan tirai papan nama kantor dilanjutkan penandatangan prasasti oleh Lukman Hakim. ***