SIAK, GORIAU.COM - Bencana kabut asap yang telah terjadi dalam dua bulan terakhir, telah menyebabkan jatuhnya korban, terutama anak-anak dan orang tua. Tidak hanya itu, bencana kabut asap ini juga telah menyebabkan lumpuhnya dunia pendidikan. Berangkat dari kondisi ini, Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako- Pertamina Hulu menunjukkan kepedulian, dengan menyalurkan bantuan masker. Kamis (8/10/2015) pagi masker ini diserahkan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Siak.

Pihak BOB PT BSP-Pertamina Hulu diwakili Tim Government and Public Relation, Lia A. Putri dan Rio Sandy langsung menyerahkan masker ini yang diterima Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Dr. HR Toni Candra.

Bantuan masker yang di berikan BOB PT BSP-Pertamina Hulu berupa masker N95 sebanyak 1.000 buah. Beberapa waktu sebelumnya, BOB juga telah membagi-bagikan 8.000 masker kepada UPTD Pendidikan di Kecamatan Dayun dan 2.000 masker untuk masyarakat Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu.

Dikatakan Tim Government and Public Relation, Lia A. Putri, bantuan masker standar ini di serahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Siak ini bertujuan untuk menambah stok masker yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dan menyalurkannya kepada masyarakat di Kabupaten Siak.

''Bantuan masker ini kita serahkan, setelah melihat kondisi bencana kabut asap yang semakin berbahaya, terutama bagi anak-anak. Kita berharap Dinas Kesehatan kabupaten Siak dapat mendistribusikan masker ini ke puskesmas-puskesmas yang ada di Siak,'' ujar Lia.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08102015/bob2jpg-3142.jpgDitambahkan Tim Goverment and Public Relation Lia A Putri, dirinya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan saat beraktifitas di luar ruangan dengan cara memakai masker. Serta mengingatkan orang tua untuk mengawasi anak-anak supaya tidak bermain di luar rumah, mengingat anak-anak yang paling rentan terpapar kabut asap.

''Orang tua harus betul-betul ekstra mengawasi anak-anak untuk tidak bermain diluar rumah disaat bencana kabut asap ini. Karena mereka masih sangat rentan terpapar kabut asap,'' ujar Lia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr HR Toni Chandra yang dijumpai secara terpisah mengatakan, bantuan yang diserahkan BOB PT BSP-Pertamina Hulu ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. ''Kita sangat berterima kasih dengan bantuan yang diserahkan BOB PT BSP ini, kami berharap perusahaan-perusahaan yang lain juga memiliki rasa empati seperti yang ditunjukkan BOB PT BSP. Sebelumnya, BOB juga telah menyerahkan bantuan 3.000 masker dan sudah kita salurkan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Siak. Saat ini stok masker yang ada di Dinas Kesehatan hanya tinggal sekitar 18 ribu masker.'' ujar dr HR Toni Chandra menjelaskan. (rls)