PEKANBARU - Kabut asap masih menyelimuti 4 kabupaten di Riau akibat dari kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru mendeteksi adanya 44 titik panas di Riau. 

"Total titik panas di Riau ada 44 titik. Rinciannya, paling banyak di Rokan Hilir yakni 17 titik, Pelalawan 13 titik, Kampar 5 titik, Indragiri Hulu 4 titik, Indragiri Hilir 3 titik dan Dumai 2 titik," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki, Minggu (15/9/2019).

Marzuki menyebutkan, dari jumlah titik panas itu, pihaknya mendeteksi adanya 34 titik api yang muncul akibat kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran itu yang menyebabkan kabut asap sangat pekat menyelimuti sebagian wilayah Riau.

"Titik api tersebar di beberapa kabupaten, antara lain Rokan Hilir 14 titik, Pelalawan 9 titik, Kampar 4 titik, Indragiri Hulu 3 titik, Dumai 2 titik, Indragiri Hilir 2 titik," ucap Marzuki.

Sementara untuk jarak pandang, kata Marzuki, di Pekanbaru hanya 1 kilometer, Pelalawan 800 meter, Indragiri Hulu 1 kilometer, dan Dumai 3 kilometer.

"Keempat daerah itu masih diselimuti kabut asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan," jelas Marzuki. (gs1)