PEKANBARU - Satu Ekor buaya muara berhasil di evakuasi oleh tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru di sekitaran Jembatan Siak II, pada Rabu (10/4/2019) sore.

Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Damkar Pekanbaru, Ibas Sembiring mengatakan, bahwa buaya liar sepanjang satu meter tersebut ditemukan warga pada saat sedang memancing di pinggiran sungai Siak, tepatnya di bawah Jembatan Siak II Pekanbaru. Khawatir meresahkan warga sekitar, tim damkar pun langsung melakukan tindakan evakuasi.

"Setelah mendapat laporan ini, kami langsung melakukan evakuasi kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB. Namanya buaya liar pasti melawan ya pada saat evakuasi. Namun saat ini buaya berhasil diamankan," ujar Ibas kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Kamis (11/4/2019).

Ia mengatakan, saat ini buaya tersebut diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau.

Dengan adanya informasi buaya sering muncul di sekitaran Sungai Siak ini, Ibas pun mengimbau agar masyarakat tetap waspada saat beraktivitas di sekitar Sungai Siak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Kita kan nggak tahu ada berapa buaya di situ, bisa jadi masih ada yang lainnya. Ya supaya masyarakat lebih berhati-hati, terutama bagi yang hobi mancing atau beraktivitas di sekitar sungai. Ini kan hewan liar dan buas, ya lebih berjaga-jaga lah. Kalau ada menemukan segera laporkannya," tutupnya. ***