PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu atau dua putarannya Pemilihan Umum Gubernur Riau (Pilgubri) 2013 akan ditentukan besok, Minggu (15/9/2013). Keputusan tersebut akan dipastikan dalam rapat pleno terbuka yang akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau.

Sebelumnya, KPU kabupaten kota yang ada di Riau telah menggelar rapat pleno penghitungan suara Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ditingkat kabupaten kota. Hasil tersebut diserahkan ke KPU Provinsi Riau, guna dihitung secara keseluruhan.

Dari hasil tersebut, akan diketahui apakah ada pasangan calon yang memperoleh suara 30 persen. "Jika ada, tentunya akan ada lagi rapat pleno pada tanggal 17 nya," jelas Ketua KPU Riau, Tengku Edi Sabli kepada GoRiau.com.

Rapat tersebut merupakan penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih periode 2013-2018. Namun, jika tidak ada satupun pasangan yang memperoleh suara 30 persen. Maka akan ada Pilgubri putaran kedua. "Itu besok akan ditentukan," kata Edi Sabli.

"Sejauh ini, informasi yang kami terima belum ada mencapai 30 persen. Untuk lebih jelasnya akan ditentukan besok," tegas Edi Sabli.(san)