TELUKKUANTAN - Jika tak ada aral melintang, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Kuantan Singingi (Kuansing), Riau akan melaksanakan IVA test dan Sadanis, Rabu (11/10/2017), di Kantor Kejari Kuansing.

Dalam pelaksanaannya, organisasi ibu-ibu kejaksaan menggandeng Dinas Kesehatan Kuansing dan RSUD Telukkuantan.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka deteksi dini mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker," ujar Ketua IAD Daerah Kuansing Rika Jufri didampingi Kajari Kuansing Jufri, SH, MH, Selasa (10/10/2017) malam.

Menurut Rika, kegiatan ini dilakukan secara serentak oleh IAD mulai dari pusat, wilayah dan daerah. Hal itu dilakukan guna menindaklanjuti surat dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tertanggal 2 September 2017.

"Ini juga bersempena dengan peringatan hari kanker internasional. Maka, sebagai organisasi perempuan kita merasa terpanggil dan bertanggungjawab untuk membebaskan perempuan dari kanker serviks," papar Rika.

Bagi masyarakat Kuansing yang ingin tes IVA dipersilahkan untuk datang ke Kejari Kuansing, sekitar pukul 09.00 Wib sampai selesai.

"Pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini kanker ini tidak dipungut biaya alias gratis. Karena itu, kita berharap masyarakat datang ke sini dan bawa kartu BPJS," tutup Rika.***