BANGKINANG - Pencairan Dana Desa (DD) akan segera dilakukan ke kas daerah Kabupaten Kampar. Proses administrasi diminta segera dilaksanakan untuk pencairan ke desa.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Febrinaldi Tridarmawan kepada GoRiau.com, Selasa (25/6/2019).

"Kita sudah mengajukan ke KPPN. Dalam perencanaan kalau tidak ada hal lain insyaallah Kamis 26 Juni 2019 akan ditransper dari RKUN ke RKUD (Kas daerah). Dan kita sudah mempersiapkan administrasi untuk pencairan ke desanya,'' jelasnya.  

Kepala DPMD Kampar juga berharap DD ini bisa disalurkan secepat mungkin. Karena menurutnya dari RKUN ke RKUD sudah dalam perencanaan pencairan yang matang. 

Ads
"Kalau dalam perencanaan komunikasi dengan pihak KPPN penyaluran ke kas daerah alhamdulillah sudah matang. Kalau pencairan ke desanya, pihak desa membuat permintaan penyaluran pencairan ke Dinas PMD terlebih dahulu dengan rekomendasi Camat. Setelah itu,  baru kita membuat surat permintaan pencairan ke BPKAD," kata Febrinaldi.

Selain itu, ia meminta setelah pencairan ke desa nantinya, seluruh kepala desa yang ada di Kampar ini, DD tersebut agar digunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku, dan juga sesuai tujuan dari DD itu sendiri. 

"Dana desa ini kan dari APBN yang diberikan kepada desa setiap tahunnya yang diprioritaskan penggunaaannya oleh Kementerian Desa untuk dua bidang, yakni untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Muaranya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kemudian juga menuntaskan kemiskinan yang ada di masyarakat, pemenuhan sarana dan prasarana.  

"Dan kita berharap pihak desa dapat menggunakan dana desa ini sebaik baiknya sesuai dengan perencanaan, sesuai aturan yang berlaku. Ya mudamudahan tentu adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat, adanya pemenuhan sarana prasarana publik yang ada di desa, sebagaimana tujuan dari dana desa itu sendiri,'' ulasnya. ***