PEKANBARU - Masyarakat Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau mengusulkan pemekaran Kecamatan Tapung Raya kepada Gubernur Riau, H Arsyadjuluandi Rachman.

"Ini silaturrahmi dengan masyarakat dalam rangka membangun daerah. Kita bahas bagaimana caranya dan mana aja yang belum ditindaklanjuti. Salah satunya soal pemekaran kecamatan (Tapung Raya, red)," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut kepada GoRiau.com di Kampar, Minggu (27/8/2017).

Dalam acara Silaturrahmi Masyarakat Sungai Tapung (SMST) ini juga, masyarakat berserta masyarakat mengadakan forum discussion group untuk membahas serius program-progran dalam memajukan pengembangan daerah Tapung. Begitu juga dengan potensi-potensi ekonomi yang dapat dimanfaatkan dari wilayah tersebut.

Menurutnya, Tapung juga memiliki modal besar untuk dijadikan sebagai daerah destinasi wisata. Sebab, di daerah ini masih terdapat situs-situs bersejarah yang berkaitan dengan leluhur Kerajaan Siak.

"Nantinya hasil FGD ini akan diinventarisir, mulai dari masalah dan potensi daerahnya. Kalau masalah soal infrastruktur jalan, kewenangan SMA/SMK dan kesehatan. Kalau itu kewenangan provinsi bisa langsung ke OPD terkait atau melalui reses anggota dewan," tuturnya. (adv)