JAKARTA, GORIAU.COM - Universitas Trilogi yang menjadi salah satu kampus terkemuka nasional pilihan Provinsi Riau untuk tamatan SLTA berprestasi, sampai saat ini selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaiknya. Bentuk pelayanan yang diberikan tidak hanya menjadikan kampus sebagai tempat siswa melanjutkan kuliahnya, namun kampus merupakan pengembangan dari STEKPI ini, juga terus melakukan pembinaan SDM di daerah. Mulai dari pemberdayaan masyarakat sampai pada pendampingan untuk menerapkan good governance.

Seperti yang dilakukan oleh Tim Universitas Trilogi dengan langsung di pimpin Rektornya, Prof. Dr. Asep Saefuddin beberapa hari lalu (9/6/2014). Bersama Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh yang didampingi Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Pendidikannya melakukan pembahasan mengenai pembangunan daerah, khususnya di Kabupaten Bengkalis yang merupakan bagian dari Provinsi Riau itu.

''Pembahasan yang kita bicarakan adalah mengenai empat hal yakni meliputi masalah kualitas SDM, pemberdayaan masyarakat, perencanaan pembangunan, dan good governance,'' tutur Rektor Universitas Trilogi.

Selanjutnya dijelaskanya juga bahwa memang pada prinsipnya rencana kerjasama itu terletak pada keempat komponen tersebut. Kedepan hal ini akan segera dikerjasamakan antara Pemda Bengkalis, Universitas Trilogi sekaligus bersama Yayasan Damandiri, serta mitranya masing-masing.

''Intinya kerjasama yang akan kita bangun rencananya dilakukan secara terintegrasi mencakup pendidikan, capacity buiding aparat pemerintah, dan pemberdayaan masyarakat untuk penguatan ekonomi, kesehatan, lingkungan dan pendidikan,'' ungkap Rektor yang merupakan jebolan kampus Kanada itu lebih lanjut.

Sementara itu Pemerintah Bengkalis melalui Bupatinya menyambut baik gagasan kerjasama yang dibangun. Karena baginya kunci sukses pembangunan daerah itu terletak pada mutu SDM. ''Sangat menyambut baik gagasan kerjasama bersama Universitas Trilogi karena kesuksesan suatu daerah itu memang terletak pada mutu sumber daya manusianya,'' ucap orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis itu.

Selain itu, memang dibawah pemerintahannya, Bengkalis selalu mengusahakan agar sistem administrasi kepegawaian dan akutansi pemerintahan harus dilakukan secara profesional, cepat, tepat, dan transparan.

Untuk diketahui, kabupaten yang selama 3 (tiga) tahun berturut-turut mendapatkan Anugrah Adipura ini, memang terkenal dengan kekayaan Sumber Daya Alamnya. Kekayaan SDA tersebut diantaranya pada bidang pertanian, perikanan laut dan sungai yang berlimpah, serta minyak bumi. Oleh karenanya perlu suatu perencanaan pembangunan jangka panjang supaya kelimpahan anugrah yang dimiki tidak mubazir. Sehingga perlu ada road map yang jelas untuk optimasi potensi yang dimiliki.

Selain Bengkalis, Universitas Trilogi juga telah melakukan pembicaraan rencana kerjasama dengan beberapa kabupaten/kota lainnya yang ada di Riau. Begitu juga dengan daerah lainnya, Universitas Trilogi terus melakukan usaha untuk meningkatkan kapasitas daerah yang ujungnya berguna bagi kepentingan pembangunan bangsa. Sebagaimana selang waktu sebelum pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Universitas Trilogi juga telah dipercayakan melakukan pembuatan semacam regional development planning oleh beberapa kabupaten yang berada di bagian timur Indonesia.

Sementara itu untuk konsep kerjasama mengenai perkuliahan mahasiswa daerah yang melanjutkan di Universitas Trilogi adalah dengan menyatukan potensi lokalnya. Artinya Universitas Trilogi menginginkan agar mahasiswa tugas belajar harus membawa peta kekuatan daerah dan membuat proposal perencanaan ke depan berbasis peta dan kebutuhan. Selanjutnya mahasiswa tersebut nantinya melakukan praktek lapang dan riset skripsi sesuai kebutuhan daerah. Dengan demikian mahasiswa bisa sejak dini mengenal daerahnya secara lebih saintifik. Dan daerahpun mendapatkan rekomendasi solusi yang diharapkan. (rls)