PEKANBARU - Berbagai acara menarik akan mewarnai kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-235 Kota Pekanbaru. Tak hanya mengangkat tema lokal, beberapa kegiatan yang diselenggarakan ini juga ada yang berskala internasional.

Ketua Panitia HUT ke-235 Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, mengatakan bahwa acara-acara perayaan HUT Pekanbaru ini mulai diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2019, dimulai dari kegiatan - kegiatan yang diadakan di Kecamatan Tampan, seperti jalan santai. Kemudian, untuk skala internasional, akan diselenggarakan Festival Dragon Boat di Sungai Siak yang pesertanya sudah mencapai 470 orang.

"Mulai tanggal 20 - 23 Juni mendatang, diselenggarakan Dragon Boat Festival. Kemudian, tanggal 29 - 30 Juni juga akan ada Wisata Dakwah Okura (WDO) di Kelurahan Okura, ini disampaikan tadi ada pesertanya yang berasal dari Malaysia juga," jelasnya.

Tidak hanya itu, masyarakat juga akan disuguhkan berbagai acara menarik lain seperti aksi bersih Sungai Siak, panjat tebing di pinggir Sungai Siak, dan wisata halal di Kota Pekanbaru.

Sementara itu, untuk acara puncak akan digelar di Ruabg Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani. Acara puncak pada tanggal 30 Juni 2019, pada paginya akan diadakan Pekanbaru Run 2019 yang bisa diikuti masyarakat.

"Pagi tanggal 30 kita adakan Pekanbaru Run 235. Yaitu pertandingan untuk 2 Km, 3 Km, dan 5 Km. Kemudian kita juga adakan festival kuliner, dengan tema 'Taman Kopi'," terangnya.

"Jadi kita sekarang sudah menyampaikan kepada barista-barista yang ada di Pekanbaru, juga yang punya usaha kopi-kopi legend, agar membuka standnya langsung di Jalan Ahmad Yani. Sehingga masyarakat pecinta kopi bisa datang ke Pekanbaru untuk menikmati kopi," ujarnya lagi.

Adapun seluruh pembiayaan acara yang digelar dalam rangka HUT Pekanbaru ini, menurutnya tidak dibebankan kepada APBD. Seluruh biaya dikumpulkan dari sumbangan dan partisipasi perusahaan daerah.

"Kita tidak ada menggunakan APBD. Semua murni dari partisipasi perusahaan di Pekanbaru," pungkasnya.***