TEMANGGUNG - Seorang bayi berusia satu tahun Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah, dinyatakan positif Covid-19 pada 29 Maret 2020.

Dikutip dari Kompas.com, balita tersebut terdeteksi terinfeksi virus corona baru setelah lima hari keluar dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar, Magelang.

Sebelumnya, balita tersebut sempat menjalani perawatan di RSUD Tidar, karena menderita demam usai pulang dari Bali bersama orangtuanya.

Pada 24 Maret 2020, pihak rumah sakit menyatakan kondisi balita tersebut membaik dan diperbolehkan pulang. Namun, hasil laboratorium yang keluar pada tanggal 29 Maret menunjukkan balita tersebut positif terinfeksi virus corona.

Pihak rumah sakit kemudian segera memanggil bayi dan kedua orangtuanya untuk menjalani isolasi.

''Maka ia dipanggil kembali oleh pihak rumah sakit dan saat ini menjalani perawatan lagi dan menjalani isolasi bersama kedua orangtuanya di rumah sakit Magelang tersebut,'' kata Bupati Temanggung M Al Khadziq, dalam keterangan pers, Senin (30/3/2020) malam.

Khadziq menjelaskan, sudah ada dua kasus positif corona di Temanggung. Kasus pertama menimpa warga yang merupakan pegawai administrasi IGD di RSUD Tidar Magelang.

Menurut Khadziq, pasien tersebut terjangkit setelah kontak dengan pasien yang ternyata positif Covid-19.

''Mari kita doakan semoga pasien cepat sembuh, dan semoga virus ini tidak menyebar luas di Temanggung,'' ujar Khadziq. ***