PEKANBARU, GORIAU.COM - Batal dilaksanakan di era Gubernur Riau non aktif H Annas Maamun tahun lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan membangun 6 ribuan rumah layak huni (RLH) di zaman Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Terdata, 6.604 rumah layak huni untuk masyarakat miskin pada 2015 ini. Rencananya, pembangunan RLH ini akan dilaksanakan secara bertahap.

Sebanyak 6.604 RLH tersebut akan disebar ke 1.850 desa di seluruh Riau dengan anggaran mencapai Rp496,3 miliar.

"Awalnya memang ada rencana dikembalikan ke Dinas Cipta Karya. Tetapi dalam implementasinya tetap kita yang mengembangkannya," terang Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPM-Bangdes) Riau, H Daswanto.

Dalam APBD Murni 2015, pihaknya membangun RLH di 7 kabupaten/kota. Sisanya, dilaksanakan di APBD Perubahan Riau 2015.

Ketujuh daerah itu meliputi Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Bengkalis. Selanjutnya Kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir dan Rokan Hulu.

Sementara 5 daerah lainnya akan dilaksanakan di APBD perubahan. Kondisi itu dikarenakan, porsi anggaran tersebut masih bersifat gelondongan tanpa terinci secara detail seperti 7 daerah lainnya.

Saat ini katanya, sedang dilakukan pembahasan penyempurnaan Peraturan Gubernur (Pergub). Polanya tetap dilaksanakan dengan sistem OMS.***