BENGKALIS - Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis menggelar Workshop Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis tahun 2015 dan Perjanjian Kerja Tahun 2016. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat lantai 2 Kantor Bappeda Bengkalis, Rabu (4/2/2016).

Workshop diikuti seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Bengkalis, termasuk perwakilan masing masing kecamatan. Seperti diketahui, tahun 2016 ini Bappeda mendapat tugas baru untuk melakukan capaian kinerja Pemerintah Daerah yang dimulai dari tahun 2015 oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemen-PAN RB).

Kegiatan workshop dibuka secara resmi dibuka Sekretaris Bappeda, Imam Hakim. Sementara narasumber dari Kemen-PAN RB. Dalam arahannya, Imam mengatakan, sebelumnya penyusunan laporan berada di bawah Inspektorat. Namun dengan Peraturan Perundangan yang baru tahun 2016, Bappeda yang menjadi leading sektor dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Imam Hakim mengatakan, dalam perkembangan saat ini masih terdapat pemahaman yang beragam dari masing masing SKPD dalam penyusunan laporan capaian kinerja.

''Untuk itu Bappeda melakukan workshop dengan menghadirkan narasumber dari Kemen-PAN RB dengan harapan dalam penyusunan capaian kerja yang akan dilaksanakan memiliki kesamaan dalam pemahaman dari sisi kaedah,'' ujar Imam.

Imam juga mengharapkan agar di tahun 2015 yang dinilai dan diukur di tahun 2016, Laporan Capaian Kinerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis menjadi lebih baik sebagaimana tahun 2015 lalu yang mana hasil capaian kinerja tahun 2014 didapat nilai CC, naik satu level di tahun sebelumnya.(ail)