PELALAWAN - Banyak ikan dari berbagai jenis didapati mati mendadak di aliran Sungai Kerumutan, Desa Tambun, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan.

Ratusan ikan tersebut diduga mati akibat keracunan limbah yang dibuang salah satu pabrik kelapa sawit (PKS) di wilayah itu, Rabu (21/2/2018).

Salah seorang warga setempat, Samsur mengatakan, ratusan ikan yang mati diantaranya jenis barung, kuning, kepetuk, sepat dan berbagai jenis ikan sungai lainnya.

Kejadian itu, kata Samsur, diduga adanya pembuangan limbah ke aliran sungai yang menjadi mata pencaharian masyarakat setempat.

"Kami menduga, ikan-ikan ini mati karena keracunan limbah dari PKS PT Makmur Andalan Sawit (MAS)," jelas Samsur, kepada GoRiau.com, Jumat (23/2/2018).

Diungkapkan warga ini, peristiwa matinya banyak ikan di aliran Sungai Kerumutan tersebut sudah pernah terjadi sebelumnya.

Kejadian itu sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan. "Banyak ikan mati ini juga sudah pernah terjadi pada hari Minggu sebelumnya. Sungai ini tempat kami mencari nafkah, bagaimana kalau seperti ini," tandas Samsur.***