PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau dan Satuan Tugas Bencana Asap dan Kebakaran Hutan memberikan apresiasi kepada PT. Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) atas partisipasi dan dukungannya dalam membantu operasional pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.


Apresiasi ini diberikan secara simbolis berupa piagam penghargaan kepada RAPP oleh Wakil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, yang diterima langsung oleh Direktur RAPP, Mulia Nauli, serta disaksikan oleh Samsul Ma’arif, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Danrem 031/WB Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Kapolda Riau Brigjend Pol Condro Kirono, Danlanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Andiawan dan beberapa pejabat lainnya dalam apel purna tugas yang dilaksanakan di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin pada Jum’at pagi (04/04), apel ini juga menjadi tanda berakhirnya masa tanggap darurat asap di Provinsi Riau.


''RAPP memiliki komitmen dalam upaya pencegahan dan pemadaman karhutla. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan, RAPP menyediakan sarana dan prasarana antara lain bantuan 2 helikopter, 30 pompa pemadam kebakaran yang diserahkan kepada team satgas penanggulangan bencana serta memberikan bantuan 3 pompa untuk masyarakat di estate Pulau Padang. Selain itu juga menyediakan akomodasi untuk petugas yang membantu pemadaman di Estate Ukui dan Estate Meranti,'' ujar Media Relations Coordinator, Corporate Communication Department RAPP Budhi Firmansyah melalui rilisnya kepada GoRiau.com, Jumat (4/4/2014).


Saat ini telah pula terbentuk 23 kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) yang difasilitasi lengkap dengan perangkat pemadaman dan pompa, serta lebih dari 600 personil team fire fighter RAPP yang turut membantu langsung dalam pemadaman api, tak ketinggalan, RAPP juga membagikan lebih dari 70ribu masker di area yang dekat dengan operasi perusahaan.


Selain berupa bantuan yang tergabung kedalam satgas, RAPP bersama para mitranya dalam antisipasi dan penanggulangan bencana kebakaran hutan juga mengoperasikan peralatan kebakaran seperti 230 pompa, selang, 3 airboat, 25 mobil patroli, speedboat, 10 fire truck, dan bantuan excavator untuk membuat sekat bakar.


Upaya yang dilakukan RAPP dalam mendukung BNPB dalam menanggulangi kebakaran lahan dan hutan di wilayah Provinsi Riau terbukti berhasil dengan semakin berkurangnya jumlah titik api dan kualitas udara yang membaik. Hal ini membuktikan RAPP berkomitmen sebagai perusahaan yang Good for Community, Good for Country and Good for Company. (rls)