PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menggesa vaksinasi lanjut usia (Lansia) yang berumur 60 tahun keatas. Target vaksinasi Lansia ini berkisar 60 persen dari total 52.759 lansia yang terdata.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru pertanggal 29 Desember 2021, Lansia yang sudah menerima vaksin dosis pertama sebanyak 30.532 Lansia atau 57,9 persen dari jumlah sasaran, dosis kedua sebanyak 24.990 Lansia atau 47,4 persen. Sedangkan 22.227 Lansia sama sekali belum menerima vaksin.

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri mengatakan Pemko Pekanbaru diawal tahun 2022 ini harus segera melanjutkan vaksinasi untuk Lansia.

"Ini program berkesinambungan, harus dilanjutkan (vaksinasi) untuk Lansia," katanya, Senin (3/2/2022).

Politisi Demokrat ini menuturkan selain faktor kesehatan, banyak juga para Lansia di Pekanbaru yang masih takut untuk mendapatkan vaksinasi.

Dari itu Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru harus rajin memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama kepada Lansia dan juga anak-anak.

"Kebanyakan (Lansia) ini khawatir dengan kondisi fisik, sehingga jika divaksin mereka khawatir dengan kondisi tubuh mereka. Nah disini pemerintah harus hadir," bebernya.

Untuk menggesa tercapainya target vaksinasi di Kota Pekanbaru, Azwendi meminta tim Satgas Covid-19 untuk tetap melaksanakan vaksinasi massal yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat.

"Harus tetap berjalan (vaksinasi masal), diawal tahun vaksinasi harus tetap berjalan dan target vaksin bisa tercapai," tutupnya. ***