PERLIS – Atlet taekwondo asal India tampil memakai hijab (busana Muslimah) saat tampil pada turnamen 5th Gewinn Unimap Malaysia Open International Taekwondo Championship di Perlis, Malaysia, baru-baru ini.

Dikutip dari detik.com yang melansir Mstar, dia memakai hijab ketika membuat persembahan poomsae (rangkaian jurus dasar serangan dalam taekwondo. Turnamen tersebut berlangsung pada 2-4 September 2022 di Universitas Malaysia Perlis (Unimap), yang diikuti atlet dari 15 negara, termasuk India, Nepal, Brazil, Jepang, Singapura dan Thailand.

Penonton yang menyaksikan aksi atlet yang berasal dari India itu ikut meneteskan air mata karena aksinya memakai hijab mendapatkan restu dari kedua orangtuanya.

Adalah Rohida Salleh, orang yang membantu mewujudkan keinginan atlet India itu untuk tampil memakai hijab saat bertanding di Malaysia. Dia mengaku terkejut ketika ditanya, apakah punya hijab lebih.

Wanita 36 tahun ini mengatakan suaminya ditanya oleh salah satu pemandu yang berasal dari India, Data Nadeson. Data mengatakan ada atlet India yang ingin pakai hijab agar menjadi kenangan terindah baginya.

''Ada cerita menarik pada saat turnamen. Ketika suami saya bertemu dengan seorang pria yang berbaju hijau (pemandu dari India), ia bertanya adakah yang bisa meminjamkan hijab. Karena atlet asal India itu ingin pakai hijab. Kemudian suami saya bertanya, lalu saya langsung ambil hijab di dalam mobil. Kebetulan memang bawa lebih,'' kata Rohida kepada Mstar.

Rohida menambahkan alasan atlet taekwondo asal India itu memakai hijab karena rata-rata penonton dan peserta yang hadir memakai hijab. Oleh karena itu dia ingin ikut serta.

''Memang tidak disangka dia akan terus memakai hijab dalam turnamen. Saya kagum dengan sosoknya dia begitu. Kemudian ia memberikan hadiah hijab itu,'' jelasnya.

Kisah atlet asal India yang tampil berhijab saat bertanding itu viral setelah diunggah oleh akun TikTok @idaidzan. Rata-rata warganet ada yang ikut memuji penampilan atlet taekwondo tersebut dan berdoa mendapatkan hidayah.

''Mata auto nangis,'' ucap pengguna TikTok @rosmya.

''Masha Allah.. cantiknya,'' puji akun @chebee0207.

''Masya Allah.. Semoga diberikan hidayah buatnya.. Aamiin,'' timpal akun @PakAndak.

''Semoga hidayah menjadi miliknya..aamiin,'' timpal akun @Nor.***