SIAK SRI INDRAPURA - Sebanyak 55 rider dari 11 tim tetap mendayung sepedanya melintasi etape 1 dengan rute Siak - Mempura - Dayun - Siak sepanjang 62 kilometer meski kabut asap yang terpapar cukup tebal.

Para rider ini dilepas di garis start tepatnya di depan Istana Siak Sri Indrapura sekitar pukul 13.30 WIB oleh Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK didampingi Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi.

Bupati Siak, Alfedri menyayangkan pekatnya kabut asap yang terpapar di udara Kota Siak saat ini. Padahal Kamis (19/9/2019) pagi tadi, kabutnya tidak setebal ini. Makanya, sebagian rider pilih mengenakan masker karena kondisi ini.

"Namun karena kabut asap cukup mengganggu jarak pandang pada siang ini, maka jarak tempuhnya dikurangi. Tadinya 2 lap dengan total 128 kilometer dikurangi menjadi 1 lap dengan panjang 64 km," katanya," kata Alfedri.

Untuk rute yang akan dilalui pebalap, katanya, tetap sama dengan yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Dimana mereka akan melintasi sejumlah objek wisata di Kecamatan Mempura. Seperti Tangsi Belanda, Jembatan Kupu - kupu, kampung Toga dan komplek pemakaman Datuk empat suku.

Bupati menegaskan, tim medis dari Dinas Kesehatan Siak juga turun mengikuti para rider dengan ambulan. ***