PEKANBARU - Pada Kamis (19/9/2019) siang, kabut asap makin pekat membalut Kota Pekanbaru, Riau, dibandingkan Kamis pagi.

Padahal Kamis pagi, kabut asap juga sudah sangat tebal menyelimuti Pekanbaru. Kualitas udara pun sudah sangat buruk. Berdasarkan informasi pada Indeks Standard Pencemar Udara (ISPU) yang terletak di depan Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera di Jalan HR Subrantas, pada pukul 07.30 WIB, diketahui kualitas udara sangat tidak sehat.

Pantauan Goriau.com, Kamis siang, akibat kabut asap yang semakin pekat, Stadion Utama Riau yang terletak di Jalan Naga Sakti, Pekanbaru, nyaris tak terlihat dari jarak 100 meter.

Semak belukar yang mengelilingi stadion tersebut bahkan tak terlihat lagi sama sekali dari jarak 100 meter.

Gedung Kantor Dinas PUPR Riau yang menjulang tinggi di Jalan SM Amin, yang jaraknya tak terlalu jauh dari Stadion Utama Riau, juga 'disembunyikan' asap tebal, Kamis siang.

Dipandang dari simpang gerbang belakang Kampus Universitas Riau (Unri), yang berjarak sekitar 200 meter, gedung Kantor Dinas PUPR Riau itu nyaris tak terlihat.

Kabut Asap Makin Tebal

Kamis (19/9/2019) pagi atau dua hari pasca kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan, kabut asap semakin tebal menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau.

Pantauan Goriau.com di Jalan HR Subrantas dan Jalan SM Amin, Pekanbaru, sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB, jarak pandang hanya sekitar 200 meter. Para pengemudi sepeda motor dan mobil terlihat menjalankan kendaraannya dengan lambat untuk menghindari kecelakaan.

Hampir semua pengendara sepeda motor dan yang duduk di boncengan menggunakan masker dengan beragam model untuk menghindari menghirup udara yang sangat tidak sehat.

Selain menyesakkan napas, kabut asap juga menyebabkan mata terasa perih. Aroma asapnya juga sangat menyengat.

Pantauan pada Indeks Standard Pencemar Udara (ISPU) yang terletak di depan Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera di Jalan HR Subrantas, pada pukul 07.30 WIB, diketahui kualitas udara sangat tidak sehat.***