SELATPANJANG - Arus balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi, melalui pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau, terpantau masih padat.

"Kita perkirakan hari ini dua ribu lebih, penumpang didominasi untuk tujuan Tanjung Balai dan Batam," ungkap Ade Kurniawan Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan KSOP kelas IB Selatpanjang, Rabu (12/6/2019).

Ia mengatakan bahwa kepadatan di Pelabuhan Tanjung Harapan juga disebabkan karena terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Dumai.

"Kendala kita penumpang tujuan Balai dengan Dumai, karena di pelabuhan Dumai terjadi penumpukan penumpang sehingga kapal sudah penuh," ungkap Ade.

Hal tersebut mengakibatkan penumpang tujuan Dumai memilih melalui Pelabuhan Selatpanjang karena juga merupakan pelabuhan transit.

"Jadi ada penambahan kapal Miko Natalia satu unit tujuan Balai dengan Batam. Ini merupakan penambahan lima persen dari kapasitas kapal," pungkas Ade.

Kondisi ini dikatakan Ade masih cenderung sama seperti hari sebelumnya pasca lebaran, dimana jumlah penumpang naik melalui Pelabuhan Tanjung Harapan meningkat.

"Masih sama seperti semalam, sekitar 2.400 ke 2.500 penumpang. Kalau sore arus datang," ujar Ade.

Walaupun demikian sejauh ini dikatakan Ade armada masih mencukupi untuk mengangkut penumpang yang berangkat melalui pelabuhan Tanjung Harapan.

"Insyaallah sampai saat ini masih terangkat, apalagi kita kasi dispensasi 5 persen (dari kapasitas kapal) dan penambahan satu unit kapal untuk tujuan Balai dan Batam," pungkasnya.***