PEKANBARU - DPD Asosiasi Pendingin dan Tata Udara (Apitu) Provinsi Riau menggelar acara anniversary ke-6 di Ballroom Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Minggu (28/11/2021).

Perayaan hari ulang tahun sekaligus gathering para pengurus Apitu ini mengangkat tema "Menuju Teknisi yang Berdaya Saing, Terampil, Kreatif dan Profesional".

Ketua DPD Apitu Riau, Abdul Hamid mengatakan bahwa DPD Apitu Riau telah berdiri sejak 2015 silam. Di dalam perkumpulan ini sendiri terdaftar ada 300 praktisi pendingin dan tata udara.

"Kami ada sejak 2015, hingga akhirnya kami sampai di titik ini, ada 300 praktisi pendingin dan tata kelola udara. Ya, meskipun sebagian anggota lainnya tidak memperpanjang KTA kembali karena ada keterbatasan masa berlaku KTA," kata Abdul Hamid.

Agar Apitu Riau tetap eksis, Abdul pun mengajak para anggotanya tetap solid untuk membesarkan asosiasi tempat mereka bernaung tersebut.

"Selain meningkatkan kompetensi, kami juga terus melebarkan sayap dan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah kejuruan yang belum memiliki jurusan teknik pendingin dan tata kelola udara. Hasilnya di Riau ini sekarang sudah ada tujuh SMK yang bekerjasama dengan Apitu Riau. Ini adalah salah satu upaya kami untuk menjaga eksistensi," jelasnya.

GoRiau Ketua DPP Apitu Indonesia, M Z
Ketua DPP Apitu Indonesia, M Zainul Arifin.
Sementara itu, Ketua DPP Apitu Indonesia, M Zainul Arifin mengatakan bahwa DPD Apitu Riau merupakan salah satu 'motor penggerak' Apitu Indonesia.

"Apitu Riau saat ini merayakan anniversary ke-6, dan Apitu Riau ini merupakan salah satu motor penggerak Apitu Indonesia. Semoga tahun 2023 nanti, Apitu juga terus berkembang dan sudah memiliki perwakilan di setiap provinsinya," kata Zainul Arifin mengawali kata sambutannya.

Pada kesempatan ini juga, Zainul Arifin mendorong para anggota Apitu Riau untuk meningkatkan kompetensi dan melakukan sertifikasi keahlian.

"Tema anniversary Apitu Riau sangat sejalan dengan AD ART Apitu Indonesia yang komitmen untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan sertifikasi untuk menjami anggota Apitu menjadi lebih profesional. Kami sudah memiliki lembaga sertifikasi teknik pendingin dan tata kelola udara, ada lisensinya. Kita bisa memanfaatkan itu, agar semua anggota Apitu bersertifikasi," jelasnya. ***