TELUKKUANTAN - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Idi Susianto mengingatkan anggotanya untuk menjaga netralitas organisasi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kuansing 2020.

"Seluruh anggota PWI Kuansing diminta untuk menjaga netralitas organisasi dalam Pilkada 2020. Ini perlu diingatkan, karena kita tak ingin lembaga ini dituding berpihak. Sebagai ketua, saya pastikan PWI Kuansing tidak berpihak kepada siapa pun. Kepada wartawan Kuansing saya ingatkan jaga independensi," ujar Idi Susianto, Selasa (22/9/2020) di Telukkuantan.

Diakui Idi, beberapa pengurus PWI Kuansing terlibat dalam tim pemenangan bakal calon kepala daerah. Mereka yang terlibat sudah membuat surat cuti atau non aktif dari pengurus dan keanggotaan.

"Maka, hari ini sengaja kami mengundang seluruh pengurus dan anggota guna memastikan bahwa tidak ada pengurus yang aktif terlibat tim pemenangan. Kalau ada, saya pastikan mereka sudah cuti," ujar Idi.

Selama Pilkada, anggota PWI Kuansing punya kewajiban untuk menjaga kondusifitas daerah. Menurut Idi, sebagai figur publik, wartawan harus bisa memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat.

"Informasi yang disampaikan jangan sampai menimbulkan konflik di masyarakat. Sehingga, Kuansing tetap aman dan kondusif selama Pilkada," ujar Idi.

Di sisi lain, Idi memberikan masukan kepada para kandidat dan tim pemenangan bersikap profesional dengan memberi kesempatan yang sama kepada seluruh wartawan untuk akses informasi.

"Jadi, tidak hanya wartawan yang dituntut profesional, tapi juga seluruh kandidat dan tim pemenangan juga profesional," ujar Idi.***