PEKANBARU - Muhammad Alif Saviola merupakan anak dari Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, yang mampu mengharumkan nama Indonesia dan Riau dikancah International. Alif gabung bersama Tim Pelajar U-16 Indonesia sejak pemusatan latihan 4-8 Agustus 2019, sebelum bermain di Gothia Cup 2019 di China, 8-18 Agustus 2019.

Alif kembali ke Riau, Senin (19/8/2019). Setibanya di Bandara Sultan Syarif Kasim sekitar pukul 16.45 WIB, kedatangan Alif disambut Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution didampingi Kepala Dispora Riau Doni Aprialdi.

"Ini merupakan prestasi yang membanggakan dalam olahraga sepak bola di Riau. Ada anak Riau yang memiliki bakat dalam bermain sepak bola ini, harus bisa mengembangkan bakatnya. Apalagi ananda Alif tergabung dalam Tim Pelajar U-16 Indonesia," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com, disela-sela menjemput Alif di Bandara.

Menurut Edy Nasution, masih banyak anak di Riau yang memiliki bakat seperti Alif. Hal ini harus menjadi perhatian PSSI Riau untuk bisa melahirkan bibit pemain sepak bola yang handal sejak dini. Karena, tanpa ada latihan yang sungguh-sungguh, tidak ada kemahiran dan keterampilan.

"Alif menjado contoh kebangkitan sepak bola di Riau. Apalagi, jenjang yang dilalui Alif dari bawah. Ini hasil latihannya yang gigih untuk bisa meraih prestasi di laga International," ungkap Edy Nasution.

Muhammad Alif Saviola, mengawali debut sepak bolanya di SSB DSKM Duri. Setelah itu, pemain kelahiran 2003 ini bergabung dengan Tiga Naga FA. Hingga akhirnya Alif ikut membela Indonesia dengan bergabung di Tim Pelajar U-16. ***