PEKANBARU – Taman Wisata Alam Mayang, Kota Pekanbaru akan menggelar Pekan Raya Wisata selama 24 Juni hingga 36 Juni 2022. Kegiatan yang dilakukan bersempena HUT ke-238 Pekanbaru ini akan menghadirkan berbagai perlombaan, UMKM, dan hiburan.

Pemilik Taman Wisata Alam Mayang, Riyono Gede Trisoko mengatakan, pihaknya juga mengharapkan kegiatan ini akan menjadi objek wisata baru bagi Pekanbaru dan terus berlanjut dimasa mendatang. Selain itu, dengan adanya pameran UMKM, dapat memperkenalkan produk-produk yang nantinya menjadi khas Kecamatan Tenayan Raya yang telah diproses menjadi pusat pemerintahan Kota Pekanbaru.

"Selama inikan belum ada produk yang menjadi kebanggaan masyarakat Tenayan Raya. Oleh karena itu, sekaligus bersempena HUT Kota Pekanbaru, kita angkatlah kegiatan Pekan Raya Wisata yang kita harapkan bisa menjadi produk unggulan dari Tenayan Raya dan nantinya dapat digelar setiap tahunnya," ujarnya, Senin (20/6/2022).

Riyono menjelaskan, dalam 3 hari berlangsungnya Pekan Raya Wisata, UMKM se Kecamatan Tenayan Raya akan diperlombakan. Selain itu, kegiatan lain seperti Senam Aerobik akan digelar untuk umum. Kemudian ada festival Seni Silat Tradisional Pekanbaru, pertemuan Tuan guru silat se-Provinsi Riau.

"Bahkan, saat pembukaan nanti akan ada sosialisasi dari Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) tentang Marhum Pekan. Ini kita gelar untuk mengingat sejarah pahlawan," jelasnya.

Sedangkan hiburan akan diisi dengan berbagai Band Pop lagu Melayu, penampilan band dari sponsor, pawai kuda lumping dan reog, serta lomba barongan se-Riau yang sudah didaftar 600 orang.

"Harapan kita jauh kedepan, akan berkoordinasi dengan organisasi-organisasi kepariwisataan," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama kegiatan digelar, pengunjung akan digratiskan untuk masuk Alam Mayang. Kecuali biaya parkir.

"Khusus kendaraan Yamaha gratis, tapi diluar itu bayar. Kemudahan itu kita harapkan sebagai bagian dari sedekah dan kiriman doa untuk Almarhum bapak dan ibu sebagai pendiri Alam Mayang. Jadi passwordnya saat masuk ke Alam Mayang, kirimkan saja Alfatihah bagi yang muslim dan bagi non muslim doakan sesuai agamanya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Menhori mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Alam Mayang ini.

"Tentu kita berharap kegiatan ini akan berjalan lancar dan mudah-mudahan ini bisa menjadi agenda tahunan. Harapannya juga bisa menarik wisatawan untuk datang ke Pekanbaru khsususnya ke Alam Mayang," pungkasnya.***