PEKANBARU -Aksi menggeser minuman coca cola oleh pesepakbola berkebangsaan Portugal, Cristiano Ronaldo menjadi sorotan. Pasalnya, aksi Ronaldo itu terekam jelas oleh kamera dan viral di media sosial.

Dalam video terlihat jelas pemain bintang dari Juventus itu menggeser 2 botol Coca Cola yang menjadi sponsor, jauh-jauh dari hadapannya, sampai tersisa sebotol air mineral di hadapannya.

Mantan pemain Real Madrid itu secara tegas menjelaskan, bahwa minum air putih jauh lebih menyehatkan daripada minuman manis seperti cola.

Sebagai informasi, 1 botol cola mengandung 10 sendok teh gula tambahan. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, konsumsi gula tidak boleh lebih dari 6 sendok teh dalam 1 hari.

Meski tindakan Ronaldo disebut-sebut merugikan pihak Coca Cola hingga 4 juta dolar AS, Ronaldo tetap bersikeras untuk tidak mengkonsumsi minuman tidak sehat tersebut.

Meski sudah berusia 36 tahun, Ronaldo masih konsisten dalam memperlakukan tubuhnya seperti kuil untuk kondisi fisik yang luar biasa. Kepada anak sulungnya, Cristiano Ronaldo Jr, ia juga mengajarkan hal serupa.

GoRiau Pesebakbola Cristiano Ronaldo
Pesebakbola Cristiano Ronaldo dengan anaknya, Cristiano Ronaldo Jr.

"Kadang-kadang saya keras dengan dia karena dia minum Coca-Cola dan Fanta," kata Ronaldo, dikutip dari Give Me Sport, Rabu (16/6/2021).

"Saya berkelahi dengannya ketika dia makan keripik dan kentang goreng dan segalanya, dia tahu saya tidak menyukainya," lanjutnya.

Selain itu, menurut seorang apoteker di Inggris Niraj Naik, kadar gula darah meningkat secara dramatis dalam 20 menit setelah minum Coke dan menyebabkan lonjakan insulin. Hati secara alami akan mengubah jumlah tinggi gula yang beredar di tubuh menjadi lemak.

Sementara satu jam setelah minum sebotol, 'sugar rush' dapat menyebabkan iritabilitas dan kantuk, yang jelas saja tak diinginkan atlet. ***