PEKANBARU - Debat kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau akan digelar di Hotel Labersa, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar - Riau pada Jumat (22/6/2018) malam. Ini adalah debat kandidat kedua atau yang terakhir, setelah sebelumnya digelar di tempat serupa waktu lalu.

Untuk mengamankan serangkaian acara pesta demokrasi itu, kepolisian pun menerjunkan hampir 700 personel yang terdiri dari jajaran Polda Riau, Brimobda, Polresta Pekanbaru serta Polres Kampar yang menjadi wilayah tempat debat kandidat dilangsungkan malam ini.

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta yang dihubungi GoRiau.com Jumat siang menjelaskan, pola pengamanan nanti tak jauh beda seperti yang diterapkan pada debat kandidat sebelumnya (Pertama, red), di mana dibagi menjadi tiga ring antara lain di dalam, lobi dan luar hotel.

"Bagian dalam itu tempat debat kandidat digelar, kemudian ring 2 di lobi dan ring 3 di luar. Kita juga pasang security door di pintu yang menjadi akses masuk. Di sana dilakukan proses pemeriksaan terhadap undangan," tutur AKBP Andri Ananta.

Sesuai kesepatakan sebelumnya dengan KPU, Bawaslu dan stake holder lainnya, undangan yang hadir memang dibatasi, di mana masing-masing pasangan calon (Timses, red) hanya diperbolehkan membawa 150. "Jadi kita periksa undangannya untuk ditukar dengan ID card," lanjut Kapolres Kampar.

Untuk jumlah personel, ada sekitar hampir 700 aparat diterjunkan dalam pengamanan acara debat kandidat ini, melibatkan Kepolisian dengan jumlah 600 lebih dari jajaran Polda Riau, Polres Kampar serta Polresta Pekanbaru serta sekitar 60 personel lainnya dari unsur TNI.

Terpisah, Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto mengungkapkan, pihaknya jadi back up kekuatan, di mana terfokus mulai dari jalur atau rute (Menuju Labersa) serta pengamanan masing-masing pasangan calon (Paslon). Ini sesuai dengan beberapa pertimbangan, yakin Susanto.

"Kita back up, karena kekuatan sepenuhnya di Polres Kampar dan Polda Riau. Namun yang jadi pertimbangan lokasi Timses masing-masing Paslon berada di Pekanbaru. Jalur menjadi konsen kita dan juga konsen pada pengamanan masing-masing Paslon di wilayah Pekanbaru," pertegasnya.

Polresta Pekanbaru sendiri, sebut Kombes Susanto menyiapkan sekitar 182 personel dari beberapa satuan fungsi, guna mendukung kelancaran dan keamanan debat kandidat Pilgubri 2018. Pelayanan maksimal akan diberikan sehingga acara berjalan lancar.

Empat pasangan calon ini, antara lain nomor urut 1 pasangan Syamsuar - Edy Natar. Nomor urut 2 pasangan Lukman Edy - Hardianto, pasangan nomor urut 3 Firdaus - Rusli Effendi serta nomor urut 4 dari Petahana, Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno. ***