PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berkeyakinan, bahwa Provinsi Riau mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, yaitu manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Demikian hal ini disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar melalui Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie saat membuka Rakorda Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2020, bertempat di Hotel Grand Central Pekanbaru, Kamis (27/2/2020).

"Kami (Pemprov Riau, red) berharap Rakorda Program Banggakencana tahun ini dapat dijadikan sebagai momentum refleksi sekaligus menumbuhkan harapan dan keyakinan, bahwa Riau khususnya mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, yaitu manusia yang berkualitas dan berdaya saing," kata Ahmad Syah.

Ia pun meminta BKKBN untuk dapat memastikan bahwa pertumbuhan penduduk Riau akan terus seimbang. Sebab pertumbuhan penduduk yang tak dibarengi dengan penciptaan lapangan pekerjaan akan menjadi problem nasional.

"Dengan pertumbuhan yang seimbang, maka pintu bonus demografi semakin terbuka lebar dan kita bisa memanfaatkannya untuk tujuan pembangunan," ungkapnya.

Di samping itu, Ahmad juga mengingatkan agar permasalahan stunting dapat segera diselesaikan bersama. Untuk itu, Ahmad Syah pun mengajak seluruh pihak terkait untuk berperang melawan stunting dengan meningkatkan asupan gizi dan status kesehatan ibu dan anak.

"Melalui inisiatif ini kita harapkan masyarakat Indonesia menjadi bermartabat tanpa ada kesenjangan," kata Ahmad Syah. (advertorial)