PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Adi Harahap keluar sebagai juara Turnamen Catur Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Rokan Hulu 2014 yang digelar sejak 17-19 Januari di Pujasera Water Front City (WFC) Pasir Pangaraian, Minggu (19/1/14). Dengan hasil ini, Adi Harahap dinobatkan sebagai yang terbaik pada turnamen catur Percasi Rohul 2014, sementara juara kedua diraih Asri dan ketiga Basron.

Pada babak penyisihan, Adi mengalahkan lawan-lawan kerasnya sehingga dia lebih unggul dan berhak menerima hadiah uang pembinaan Rp800 ribu dan Asri mengalahkan Rahmad di final juga berhak menerima uang pembinaan Rp500 ribu.

Pada posisi ketiga diduduki Basron dengan nilai 4, dikalahkan Adi pada babak final, menggunakan sistem penilaian atau peraturan pertandingan Swiss 7 babak dan peraturan Fide disesuaikan dengan Peraturan Pengurus Besar Percasi. Basron berhak menerima uang pembinaan Rp300 ribu.

Sementara, pada posisi keempat diisi pecatur Rohul atasnama Sumanto Silaban dengan nilai 3,5 dan berhak menerima uang pembinaan Rp200 ribu setelah main remis dari rivalnya Edi Zulman yang sama-sama meraih nilai 3,5.

Ketua Pelaksana Turnamen merangkap wasit Anwar AZ mengatakan Turnamen Catur Percasi merupakan event rutin organisasinya setiap tahun. Tahun ini, iven itu turut didukung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rohul.

Menurut Anwar, iven itu juga untuk mengumpulkan semua anggota Percasi Rohul, dimana Percasi akan segera menggelar Muscab untuk mengisi kepengurus baru periode 2014-2018. Percasi sudah membentuk Tim Formatur yang melibatkan tujuh anggota dan mereka sedang menyusun proses pemilihan dalam waktu dekat ini.

Disinggung soal persiapan Percasi Rohul menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Riau, Anwar mengaku sudah menyiapkan 15 pecatur yakni pecatur junior, senior dan veteran. ''Jika memang diperkenankan kami akan ikut kejuaraan daerah, apalagi kami sudah menyiapkan 15 atlet,'' jelas Anwar.

Selain itu, tambah Anwar, Percasi Rohul juga memberikan berupa penghargaan pembinaan kepada tiga pelajar SMP Negeri 1 Rambah yakni Wahyu S, Elim H dan M Aldi. Ketiga pelajar itu bibit pecatur Rohul hasil seleksi dilakukan Percasi selama dua putaran. (srt)

Berikut nama-nama juara Turnamen Catur Percasi Rohul 2014:1. Adi Harahap 4,5, SC 11,5, SB 9,752. Asri nilai 4,5, SC 10,5, SB 8,753. Basron 4, SC 12,5, SB 8,04. Sumanto Silaban nilai 3,5, SC 16.00, SB 10,25

Pecatur yang masuk babak final:Rahmad nilai 3,5Edi Zulman nilai 3,5HS Yadi nilai 3,5Ghana Putra Siregar nilai 2,5Basir nilai 2,5Wahyu nilai 2 (siswa SMPN 1 Rambah)