PEKANBARU - Bakal Calon Bupati Indragiri Hulu, Ade Agus Hartanto dikabarkan mundur dari pencalonan Pilkada Inhu 2020, setelah sempat diisukan maju didampingi kader PKS, Rizal Zamzami.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riau, Hendry Munief mengatakan, keputusan itu tak serta-merta membuat PKS dan PKB pecah kongsi di Pilkada Inhu. Pasalnya, dua partai Islam ini memiliki opsi lain yakni, menyatukan kader PKS, Rizal Zamzami sebagai Bakal Calon Bupati didampingi kader PKB, Yogi Susilo sebagai Bakal Calon Wakil Bupati.

"Kita akan pasangkan Rizal Zamzami dengan Yogi Susilo. Rizal nomor satu, Yogi nomor dua. Kemarin kita sudah bertemu dengan pak Ade Agus Hartanto, (calon bupati dari PKB) beliau mengatakan tidak siap untuk maju, dan beliau mengusulkan kader yang lain yaitu pak Yogi Susilo," kata Hendry, Kamis (13/8/2020).

Dinamika ini, lanjut Hendry, masih dalam tahap pembahasan dengan PKB. Hendry menyebut pembahasan masih terjadi di tingkat provinsi, belum sampai ke tingkat pusat. Hanya saja, jika PKB mengirimkan rekomendasi ke DPP PKB, Hendry memastikan hal yang sama akan dilakukan oleh PKS.

"Pak Wahid (Ketua DPW PKB Riau) minta waktu ke kita (PKS) beberapa hari kedepan untuk mendapatkan keputusan yang terbaik. Memang pak Ade Agus nya menyatakan tidak maju, namun sepertinya pak Wahid masih berharap beliau maju. Jadi dinamika itu saja lagi. Kita masih melihat kondisi lapangan seperti apa, tapi insyaallah PKS dan PKB akan bersama di Inhu," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hampir dipastikan akan membangun koalisi untuk menantang Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto di Pilkada Inhu 2020.

Pasalnya, PKB dan PKS sudah menggelar pertemuan dan membuat satu kesepakatan awal yakni "mengawinkan" dua orang kadernya di Pilkada Inhu. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PKS Riau, Markarius Anwar.

Pada hari Jumat (17/7/2020) lalu, pihaknya sudah bertemu dengan PKB untuk melakukan pembicaraan serius terkait Pilkada Inhu. Pertemuan tersebut bahkan melibatkan dua orang Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) masing-masing partai dan juga para Bakal Calon yang akan diusungnya.

"Iya benar, hari Jumat ada pertemuan antara Pak Abdul Wahid (Ketua DPW PKB Riau) dan Pak Hendry Munief (Ketua DPW PKS Riau) di Pekanbaru, kita memang ada wacana kesana (koalisi)" ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Riau ini kepada GoRiau.com, Minggu (19/7/2020).***