TABANAN - Ada-ada saja modus yang digunakan warga agar bisa mudik saat lebaran, termasuk cara tidak lazim dan lucu.

Seperti yang dilakukan Aryati (52). Dia nekat menyewa ambulans untuk mudik bersama putrinya dari Bali ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Dikutip dari Sindonews.com, akal-akalan Aryati itu berhasil dibongkar polisi. ''Modusnya membawa orang sakit, tapi kelengkapan dokumennya tidak ada,'' kata Kasat Lantas Polres Tabanan Iptu Ni Putu Wila Indrayani, Sabtu (23/5/2020).

Peristiwa itu terungkap bermula saat ambulans yang ditumpangi Aryati dan anak perempuannya melintas pemeriksaan di Pos Penyekatan Selabih, Tabanan, Jumat (22/5/2020) malam.

Saat menjalani pemeriksaan, sopir ambulans mengaku membawa pasien tifus dengan tujuan Banyuwangi.

Petugas langsung curiga karena di dalam ambulans tidak ada peralatan medis dan petugas medis yang mendampingi. Aryati dan anaknya juga tidak mampu menunjukkan dokumen diantaranya surat rujukan.

Untuk membuktikan kecurigaan itu, petugas akhirnya mendatangkan tim medis. ''Hasilnya, ibu dan anaknya dinyatakan sehat,'' ungkap Indrayani.

Setelah diberikan penjelasan tentang protokol Covid-19 dalam pelaksaan mudik, sopir ambulans itu diminta butar balik. ''Kita minta putar balik,'' pungkas Indrayani. ***