PEKANBARU - Sembilan jabatan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kosong, pasca ditinggalkan pemimpinnya yang non-job dan dimutasi oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Rabu (1/12/2021).

Gubri menjelaskan bahwa dari 41 pejabat yang dievaluasi, 32 orang diantaranya dilantik tadi. Dari 32 itu, 19 merupakan pejabat lama atau tetap dan 13 pejabat mutasi.

Sedangkan, 9 OPD lainnya terdiri dari 7 jabatan demosi mutasi, 5 jabatan demosi ke administrator, 1 fungsional, 1 pensiun, dan 2 mendudukkan pejabat pelaksana.

"Jadi sembilan OPD yang kosong saat ini, yaitu Asisten II, Biro Pengadaan, Biro Umum, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, RSUD Arifin Achmad, Dinas PUPR, RSJ Tampan," kata Gubri usai pelantikan pejabat eselon II di Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu sore.

Selanjutnya, kata Syamsuar, Pemprov Riau akan segera melakukan open bidding untuk mengisi kekosongan OPD tersebut. Pasalnya dari 9 OPD yang kosong ini merupakan instansi vital, seperti halnya Diskes, Disdik, dan Dinas PUPR.

"Kita segera buka open bidding untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut," jelasnya. ***