PEKANBARU - 35 orang anggota polisi mulai dari Bintara hingga Perwira, serta 35 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Polda Riau mendapat kenaikan pangkat 1 Juli 2017. Kenaikan pangkat ditandai dengan Apel yang dipimpin Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, Selasa (4/7/2017) pagi. Selain itu, 35 polisi di jajaran Polres di Riau juga naik pangkat.

Para abdi negara di jajaran Polda Riau yang naik pangkat ini antara lain tiga orang yang dipromosikan dari AKP ke Kompol, 38 personel dari Bripka ke Aipda, sembilan lainya naik pangkat dari Brigadir ke Bripka, serta tiga orang lagi dari Bripda ke Briptu. Kemudian tujuh anggota polisi lainnya mendapat kenaikan pangkat pengabdian.

Irjen Zulkarnain yang memimpin Apel Korp Raport kenaikan pangkat di halaman Mapolda Riau menginginkan agar seluruh bawahannya menyadari fitrah mereka sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Untuk itu, polisi mestinya harus dekat dengan masyarakat dalam berbagai hal.

"Baik itu dalam hal penegakkan hukum maupun dalam memelihara Kamtibmas. Jangan lupa ruh, jiwa dan spiritnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Perubahan maindset ini yang perlu, dan kami akan meningkatkannya," terangnya diwawancarai GoRiau.com (GoNews Grup), usai Apel.

Dengan begitu, sebut Jenderal bintang dua ini, maka kepercayaan masyarakat terhadap Polri bisa meningkat. Selain itu, Kapolda Riau juga sempat menyinggung terkait pelayanan berbasis tekhnologi, yang mestinya dapat mempermudah masyarakat dalam mendapat informasi.

"Itu juga diutamakan, misalnya soal penyidikan yang banyak dikeluhkan, bagaimana perkembangannya, sejauh mana kasusnya yang dilaporkan. Kan kita ada E-Penyidikan, bisa diakses melalui internet. Masyarakat bisa mendapatkan informasinya, sejauh mana perkembangannya," pungkas Zulkarnain.

Kenaikan pangkat di jajaran Polda Riau ini merupakan rangkaian dalam HUT Bhayangkara ke 71, yang jatuh pada 1 Juli kemarin. Memang ada sedikit keterlambatan, karena kepolisian dalam beberapa hari ini disibukkan dengan Operasi Ramadniya Siak 2017, menghadapi Mudik lebaran Idul Fitri.

Selain Apel kenaikan pangkat, HUT Bhayangkara di Polda Riau juga dilengkapi dengan agenda tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Selasa siang. Kegiatan itu juga dihadiri oleh pejabat utama Polda Riau. ***