PANGKALANKERINCI – Program bantuan pupuk gratis yang difokuskan bagi petani kelapa sawit di Kabupaten Pelalawan, Riau akan segera terealisasi sebelum akhir tahun 2022.

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Pelalawan sudah mengantongi data calon penerima bantuan program pupuk gratis.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pelalawan, Akhtar SE, Jumat (30/9/2022) mengungkapkan, pihaknya sudah mengantongi data valid calon penerima bantuan.

Jumlah penerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan tersebut mencapai 5 ribu penerima, yang sebelumnya ada 33 ribu data masuk, dan telah dilakukan validasi mengerucut menjadi 5 ribu.

"Dari 33 ribu data yang masuk, kemudian dilakukan validasi dan didapat angka sekitar 5 ribu petani yang akan menerima program pupuk gratis, akhir tahun ini," jelasnya.

Disbunak Pelalawan sangat berhati-hati dalam menyalurkan program bantuan pupuk gratis yang merupakan salah satu janji kampanye Bupati Zukri dan Wakil Bupati Nasarudin.

"Sebagai bentuk kehati-hatian, kita juga meminta pendampingan hukum kepada pihak Kejari Pelalawan," ungkapnya.

Akhtar mengatakan, program bantuan pupuk gratis merupakan bagian dari pembinaan petani kelapa sawit yang bertujuan memberikan simultan bagi petani agar bersemangat merawat kebun.

"Dengan demikian, sasaran yang diharapkan mendongkrak hasil panen akan tercapai, kembali lagi ke kesejahteraan petani," tukasnya.***