PEKANBARU - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, yang berprestasi.

Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Provinsi Riau, Jonataruli mengatakan, bahwa program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BI di bidang pendidikan.

"Program ini untuk mendukung program nasional dalam meningkatkan kapasitas SDM menuju Indonesia Unggul. Bank Indonesia juga telah memperluas cakupan pemberian beasiswa,tidak hanya untuk mahasiswa dari perguruan tinggi negeri namun juga untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta," kata Jonataruli di Unilak, Jumat (27/9/2019).

Dalam kesempatan ini lah, pimpinan BI bersama pihak Unilak melakukan penandatangan kerjasama Program Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2019.

Kerjasama ini sendiri ditandatangani oleh Rektor Unilak, Dr Hj Hasnati, SH, M.H dan Teguh Setiadi yang mewakili Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau dan dihadiri oleh calon penerima beasiswa.

Adapun beasiswa pendidikan jni akan diberikan kepada 50 orang mahasiswa yang berprestasi. Yang nantinya, beasiswa tersebut dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi maupun biaya hidup.

Kemudian, penerima beasiswa ini diutamakan mahasiswa dengan IPK minimal 3,00 (skala 4) dan berasal dari latar belakang keluarga ekonomi tidak mampu, aktif dikegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, telah menyelesaikan 40 SKS atau tiga semester dan maksimal berusia 23 tahun saat menerima beasiswa.

"Serta tidak sedang menerima beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas dengan instansi lain," ungkapnya.

Untuk wilayah Provinsi Riau, ia menambahkan, bahwa beasiswa ini juga telah diberikan kepada mahasiswa dari Universitas Riau dan UIN Suska Riau dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 100 orang setiap tahunnya.

Tidak hanya memperoleh bantuan berupa biaya pendidikan, mahasiswa penerima beasiswa juga tergabung dalam suatu komunitas yaitu GenBI (Generasi Baru Indonesia) Riau.

"GenBI mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana dan terarah untuk meningkatkan kompetensi individu dan mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi pemimpin di masa depan," pungkasnya. ***