JAYAPURA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau memastikan lima atlet dari Cabor Dayung, yang sempat dinyatakan positif Covid-19 akan ikut berpartisipasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Kelima atlet tersebut akan menambah kekuatan Cabor Dayung pada nomor pertandingan dragon boat, yang digelar 7 Oktober 2021 di Jayapura, Provinsi Papua.

"Alhamdulillah, kelima atlet dayung kita yang kemarin positif Covid-19 sebelum PON XX, sudah dinyatakan negatif. Jadi mereka akan tetap berangkat tanggal 5 Oktober besok untuk bertanding dragon boat tanggal 7 Oktober," ujar Plt Ketua KONI Provinsi Riau, Raja Marjohan Yusuf, Sabtu (2/10/2021).

Ia menjelaskan, sampai hari ini kondisi keseluruhan atlet yang akan bertanding dalam kondisi baik dan sehat. Pihaknya juga masih optimis akan mendulang sejumlah emas, perak dan perunggu pada nomor-nomor pertandingan yang akan datang.

"Kita tidak bilang Cabor tertentu diunggulkan, yang jelas semua punya peluang. Kita harus termotivasi dengan prestasi yang sudah didapat," jelasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya dua pelatih dan lima atlet Cabor Dayung Riau dinyatakan positif Covid-19. Hal ini disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi dilansir dari Kompas.com, Kamis (23/9/2021).

"Ada lima orang yang positif Covid-19, mereka semuanya atlet dayung," ujar Yovi. ***