PEKANBARU - 40 siswa-siswi kelas X dan XI berprestasi dari berbagai SMA Se-Kota Pekanbaru, Riau menjalani pemusatan latihan (TC) untuk dipersiapkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) HUT ke-73 RI.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengungkapkan, TC ini digelar untuk menggembleng para siswa-siswi ini untuk disiplin dalam mengemban tugas sebagai anggota Paskibraka.

"TC kita gelar di Hotel Resty Menara Pekanbaru mulai tanggal 7 Agustus 2018 sampai dengan pelaksanaan upacara bendera HUT ke-73 RI tanggal 17 Agustus 2018 mendatang," kata Zulfahmi yang dihubungi GoRiau.com melalui selularnya, Rabu (8/8/2018) siang.

Zulfahmi merincikan, 40 siswa-siswi berprestasi dari sejumlah SMA di Kota Pekanbaru yang terpilih sebagai anggota Paskibraka itu terdiri dari 20 putra dan 20 putri terbaik yang nantinya akan mengibarkan bendera merah putih di lapangan Kantor Walikota Pekanbaru.

"Sebelum menjalankan tugas, para siswa-siswi ini di gembleng dan menjalani pembinaan dengan dilatih oleh instruktur yang kita siapkan dari TNI-Polri," ucap mantan Kasatpol PP Kota Pekanbaru itu.

Dengan digelarnya TC ini, Zulfahmi melanjutkan, pihaknya berharap para siswa-siswi terbaik ini bisa menjalani latihan dengan serius dan disiplin serta bertanggungjawab. "Karena Paskibraka ini akan menjadi sorotan publik nantinya," tuturnya.

"Melalui pemusatan latihan ini, kita berharap pada pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus nanti bisa berjalan lancar, dengan tetap menjaga kesehatan, fisik dan sikap menghargai sesama calon anggota Paskibraka," tukasnya.

Selain TNI-Polri, pembinaan dan pelatihan untuk 40 siswa-siswi calon anggota Paskibraka Kota Pekanbaru yang berlangsung selama 10 hari kedepan ini juga melibatkan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Pekanbaru. ***