PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman tengah melakukan persiapan rapat terbatas (Pra-Ratas) bersama Deputi Bidang Kemaritiman Sekretariat Kabinet, Satya Bhakti Parikesit jelang Ratas bersama Presiden RI, Joko Widodo. Nantinya, pria yang akrab disapa Andi Rachman itu akan menyampaikan progress program strategis nasional (PSN) yang ada di Riau.

"Selain progress PSN dan program daerah yang mendukung, beberapa permasalahan yang dihadapi daerah juga akan disampaikan kepada presiden," kata Gubernur Riau melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau, Rahmad Rahim kepada GoRiau.com di Pekanbaru melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (24/5/2017).

Diuraikan Rahmad, Gubri memaparkan mengenai empat PSN yang terkendala karena persoalan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), yakni pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai, jalur rel kereta api Trans Sumatera, Jaringan Sutet 500 KVA, STP (Science Techno Park).

"Seluruh PSN terus digesa, namun terkendala RTRW yang belum ditetapkan," tuturnya.

Sementara itu, progam pendukung daerah yang akan disampaikan kepada presiden diantaranya, pengembangan Pelabuhan Kuala Enok dan Buton, pemanfaatan pesisir, pariwisata, pengembangan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Pekansikawan, PLTA Koto Panjang, pemanfaatan lahan untuk pertanian. ***