SURABAYA - Sebanyak 35 ibu hamil yang dinyatakan positif Covid-19 melahirkan di RSUD dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur.

Dikutip dari Okezone.com, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi mengungkapkan, 35 bayi yang dilahirkan para ibu positif Covid-19 itu dinyatakan sehat atau tidak terpapar virus corona.

''Setelah persalinan, ibu dan bayi langsung dipisahkan untuk menghindari penularan,'' ujar Joni Wahyuhadi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (30/6/2020).

Dijelaskan Joni, sejak Juni 2020, angka ibu hamil di Jawa Timur mengalami kenaikan drastis. Beruntung, seluruh ibu hamil melahirkan selamat, meski terpapar corona.

''Persalinan Covid-19 berbeda dengan persalinan biasa. Prosesnya harus steril dan bayi yang lahir harus segara dipisahkan dari ibunya,'' kata Joni.

Seluruh bayi yang dilahirkan ibu yang terpapar Covid-19, dirawat di ruang berbeda untuk menghindari penularan virus corona. Bahkan bayinya boleh dipulangkan lebih dulu, sedangkan ibunya tetap harus menjalani isolasi

Hingga kini, tersisa tujuh orang ibu hamil positif Covid-19 yang masih dirawat di RSUD dr Soetomo.

Sambung Joni, manajemen RSUD dr Soetomo juga berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menentukan rumah sakit rujukan utama ibu hamil positif Covid-19.

Selain RSUD dr Soetomo, ibu hamil yang positif Covid-19 bisa dirujuk ke Tropical Infectious Disease Hospital (RSPTI) milik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.***