JAKARTA - Massa pendukung Pasang Calon (Paslon) nomor urut 1 Jokowi-Amin pada Sabtu 13 April 2019 besok rencananya akan hadir dan memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Untuk itu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan koordinasi dan melakukan rekayasa Lalin guna lancarnya kampanye akbar terbuka tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Yusuf mengungkapkan jika pihaknya akan mengerahkan sebanyak 4.953 personil Lantas yang nantinya akan disebar di beberapa titik rawan macet.

"4.953 Personil dari kami (Lantas) nanti dibantu dengan kekuatan dari Korlantas 330, POM TNI 60 personil Dishub 1000 personil, Satpol PP 1000 personil," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Kamis (11/4/2019).

Lebih jauh Yusuf membeberkan, pola pengamanan tak berbeda jauh dengan kegiatan kampanye paslon 02 lalu. Terbagi dalam 6 zona pengamanan strategi Lantas.

"Pola pengamanan ada 6 zona," ucapnya.

Selain memperkuat personil dengan pengerahan tim Cakra Patrol Respon (CPR), Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan mobil patroli (Polda dan Satwil).

"Nanti kita kerahkan tim CPR yang memastikan jalur tetap aman terlintasi," pungkasnya.

Selain mengurus hal-hal teknis soal pengamanan, Yusuf juga mengusulkan kepada pihak SUGBK untuk memperhatikan sistem pembayaran masuk Senayan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pintuk masuk.

"Kampanye kemarin jadi gambaran, sempat terjadi krodit di pintu masuk. Namun dapat kita atasi, atas kejadian tersebut kita sudah memberikan masukan kepada pihak pengelola," terangnya.

Berikut rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan kampanye pasangan calon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin :

1. Fly Over Sekat II dan Radiologi- Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi- Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju layang landogi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

2. Pintu FX Sudirman/Jalan Pintu I Senayan.- Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

3. Jalan Hang Lekir 2 - Arus lalu lintas dari Jalan Pakubuwono VI yang menuju ke arah kampus Mustopo diarahkan ke TL Pakubuwono.

4. Jalan Hang Lekir 1- Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

5. Perempatan Patal Senayan- Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

6. Pertigaan Tentara Pelajar- Kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar yang menuju ke Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Traffic Light Palmerah- Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Ditlantas juga menyiapkan kantong-kantong parkir bagi kendaraan bukan milik pribadi alias bus baik di dalam maupun di luar Senayan.

Berikut lokasi nya :

Berikut lokasi parkir yang disediakan dalam kegiatan tersebut :

1. Traffic Light Asia Afrika sampai dengan Gelora Bung Karno disisi kiri

2. Traffic Light Lapangan Tembak sampai dengan Ladokgi

3. Pintu 10 GBK sampai dengan Traffic Light Lapangan Tembak

4. Traffic light Lapangan Tembak sampai dengan Traffic Light Asia Afrika

5. Sekat 2 sampai dengan Manggala Wanabakti

6. Traffic light Slipi sampai dengan Wisma Lumba-Lumba

7. Layang Ladokgi sampai dengan Layang Semanggi

8. Depan Mall Senayan City sampai dengan Traffic Light Asia Afrika

9. Traffic Light Asia Afrika sampai dengan Bundaran Senayan

10. Bundaran Senayan sampai dengan pertigaan FX

11. Pertigaan SCBD sampai dengan Bundaran Senayan

12. Traffic Light Palmerah sampai dengan Layang Permata Hijau

13. Jalan Tentara Pelajar sampai dengan Patal Senayan

14. Parkit LOT 17 SCBD.***