SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sebanyak 22 calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak telah mengikuti cek kesehatan fisik di Rumah Sakit Umum Daerah Siak, Jumat (27/12/2013).

"Alhamdulillah, cek kesehatan fisik calon Komisioner telah usai kita laksanakan tadi," ucap Ketua Tim Seleksi KPU Siak Abdul Rasyid saat dikonfirmasi GoRiau.com di Siak. Ia menegaskan, seluruh calon hadir dan telah melakukan cek kesehatan.

Cek kesehatan yang dilalui calon komisioner, jelas Abdul Rasyid dimulai dari pemeriksaan darah, ginjal, jantung, paru-paru, treadmill dan beberapa organ lainnya. "Ya, sesuai dengan prosedur cek kesehatan yang telah ditetapkan pihak rumah sakit," katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan cek kesehatan diserahkan sepenuhnya kepada rumah sakit dan tim dokter. Sementara, tim seleksi independen hanya menerima hasilnya saja. "Kita akan menerima semacam surat yang berisi hasil pemeriksaan," ujarnya.

"Hasil tersebut akan dijadikan salah satu pertimbangan dalam menentukan siapa yang layak untuk menjabat komisioner KPU periode yang akan datang," jelas Abdul Rasyid.

Sementara itu, menurut Abdul Rasyid, tim dokter menghabiskan beberapa hari untuk menyimpulkan hasil pemeriksaan tersebut. Kemudian, hasilnya baru diserahkan kepada tim seleksi.

Sebelumnya, 22 calon komisioner KPU Siak telah mengikuti tes tertulis. Mereka yang ikut merupakan calon yang dinyatakan lulus administrasi. Dimana, awalnya ada 31 calon yang mengembalikan formulir pendaftaran. Setelah diverifikasi administrasi, sembilan orang dinyatakan tidak memenuhi syarat.(san)