PEKANBARU - Dewan juri bentukan Bank Riau Kepri dalam program penganugerahan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Award 2016 akan memilih 20 dari 169 debitur yang diseleksi untuk menerima penghargaan.

"Penilaian dilakukan oleh tiga dewan juri secara bertahap. Mulai dari seleksi data sekunder, penilaian langsung ke lapangan hingga penilaian mendalam tentang manajemen karyawan si pelaku usaha itu sendiri," ungkap Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari kepada GoRiau.com di Ballroom Dang Merdu Bank Riau Kepri Pekanbaru, Senin (24/10/2016).

Disambung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau, Dahrius yang sekaligus menjadi ketua dewan juri UMKM Award 2016, dari 169 debitur yang diseleksi data sekundernya akan mengerucut menjadi 40 debitur yang lolos.

"Kita turun langsung ke lapangan, ke semua kabupaten dan kota di Riau. Kemudian, turun ke Provinsi Kepulauan Riau seperti di Bintan, Natuna dan Tanjung Balai Karimun. Kita nilai dan terpilihlah 40 debitur yang memenuhi persyaratan," ungkap Dahrius mendampingi Irvandi Gustari.

Setelah itu, salah satu faktor penentu terpilihnya 20 dari 40 debitur tersebut ialah melalui penilaian kemampuan manajemen usaha si debitur itu sendiri. Baik manajemen usaha maupun manajemen karyawannya.

Baca Juga: Rangsang Pelaku Usaha, Bank Riau Kepri Seleksi Calon Penerima UMKM Award ke-8

"Kemampuan manajemen itu penting, tanpa itu pastinya sulit juga dalam menjalankan sebuah usaha. Makanya, ini menjadi salah satu poin penting untuk dinilai," tutur Dahrius.

Seperti diketahui, penganugerahan UMKM Awards tahun 2016 ini merupakan kegiatan ke-8 kalinya. Yang mana, pengumumannya akan dilakukan pada 28 Oktober 2016 di Bank Riau Kepri. Sementara, proses penilaiannya sudah dimulai sejak 24 Juni 2016 lalu.

Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai ketua dewan juri yakni Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau Dahrius dengan dibantu oleh Ketua Iwapi (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Provinsi Riau Irma Hafidah Rachman, dan perwakilan akademisi dari Fakultas Ekonomi Universitas Riau (UR) Ervan Darwis. ***