JAKARTA - Sasana Wushu Rajawali Sakti Pluit Jakarta Utara memimpin perolehan medali sementara Virtual Wushu Championships 2020 hingga hari ketiga, Selasa (13/10/2020). Sasana milik Herman Wijaya ini mengantongi 5 medali ems, 3 perak dan 2 perunggu pada event nasional khusus mempertandingkan Taolu. 

Peringkat kedua ditempati Sasana Wushu Garuda Jember dengan 3 emas 2 perak, dan 4 perunggu. Sedangkan Laba-laba Sakti Jakarta Utara yang mengoleksi 3 emas dan 1 perunggu menempati peringkat ketiga.

Pada pertandingan yang digelar, Selasa (13/10/2020) pagi hingga sore, Rajawali Sakti Jakarta Utara menambah 2 medali emas. Kedua medali emas itu disumbangkan Kenneth Christovani Wijaya dan Adelaine Tiffany Lo.

Tampil di Sekolah Pa Hoa Tangerang, Banteng, Kenneth Christovani Wijaya yang turun di nomor Gun Shu Junior B Putra kembali meraih medali emas dengan 8,99 poin. Ini merupakan emas kedua bagi Kenneth Christovani setelah sebelumnya meraih emas pada nomor Chang Quan Junior B Putra. Medali perak Ghun Shu Junior B Putra direbut Richie Chandra Winata juga dari Rajawali Sakti Jakarta Utara dengan 8,71 poin dan Rakay Nobel Ardiansyah (Wushu Garuda Jember) dengan 8,60 poin merebut perunggu.

"Saya senang dan bangga bisa menyumbangkan dua medali emas untuk Rajawali Sakti Jakarta Utara. Dan, saya akan berusaha tampil tanpa kesalahan sehingga meraih hasil maksimal pada nomor senjata panjang dan golok," kata Kenneth Cristovani Wijaya.

Kenneth Cristovani Wijaya.

Sukses Kenneth ini dikuti Adelaine Tiffany Lo yang turun pada nomor Ghun Shu Junior B Putri. Mengantoni 8,89 poin, Adelaine meraih emas. Sedangkan medali perak direbut Embun Kesya Syariah (Wushu Garuda Jember) dengan 8,72 poin dan Kanya Fatharah Arsy (Pengprov Wushu Jambi) yang mengantongi 8,69 poin harus puas dengan perunggu.

"Saya senang bisa merebut medali emas. Ini semua berkat bibingan dari pak Herman Wijaya selaku pelatih dan dukungan teman-teman serta orang tua. Dan, saya juga berterima kasih kepada PB WI yang telah menggelar Virtual Wushu Championships 2020," kata Adelaine Tiffany Lo.

"Kenneth Christovani dan Adelaina Tiffany Lo memang ditargetkan meraih medali emas. Dan, saya berharap sukses keduanya bisa diikuti atlet wuhsu Rajawali Sakti lainnya sehingga target 10 medali emas bisa tercapai di Virtual Wushu Championships 2020," timpal pemilik Sasana Rajawali Sakti Jakarta Utara, Herman Wijaya yang dihubungi melalui telepon selular.

Di nomor Jian Shu Junior C Putra, Ecclesio Ryuu Erdest (Sasana Laba Laba Sakti Jakarta Utara) meraih medali emas dengan 8,84 poin. Disusul Bintang Belva Diputra (Wushu Lima Malang) meraih perak dengan 8,74 poin dan Darren Lionel Gunawan (Alma Wushu) meraih perunggu dengan 8,44 poin.

Medali emas nomor Jian Shu Junior C Putri direbut Amelia Nayla Hakim (Wushu Garuda Jember) dengan mengantongi 8,65 poin. Medali perak milik Kharisma Venera Purnomo (Guang Wushu Kediri) dengan 8,63 poin dan Mazaya Khoiriya Ardhana Reswari (Wushu Bintang) merebut perunggu dengan 8,60 poin.

Kezia Nathania Setiawan (Guang Wushu Kediri). 

Guang Wushu Kediri Raih Dua Emas

Sementara itu, Sasana Guang Wushu Kediri meraih emas pertama lewat penampilan Shanding Restu Gusti di nomor Dao Shu Junior C Putra dengan meraih 8,58 poin. Medali perak direbut Joshua Nathanael Siau Winatha (Wushu Rajawali Sakti Jakarta Utara) dengan 8,38 poin dan Richard Dean Kurnia (Laba Laba Sakti Jakarta Utara) yang meraih 8,38 poin merebut perunggu.

Sukses Shanding Restu diikuti Kezia Nathania Setiawan. Tampil di Gedung Kelurahan Jamseren Kota Kediri, Jawa Timur, Kezia menyumbangkan emas kedua bagi Gaung Wushu Kediri dari nomor Dao Shu Junior C Putri dengan mengantongi 8,46 poin. Medali perak direbut Elaine Zain (Tjoe Tik Kiong Wushu Tulungagung) dengan 8,41 poin dan Billie Karina The (Wushu Rajawali Sakti) harus puas dengan perunggu dengan 8,34 poin. 

"Ya, saya senang dan bangga bisa meraih medali emas karena persaingan sangat ketat. Ini merupakan kerja keras dan dukungan dari pelatih, teman-teman dan juga orang tua," kata Kezia Natalia Setiawan ketika diminta komentarnya. 

"Kami bersyukur akhirnya bisa mendapatkan dua medali emas melalui penampilan Shanding Restu dan Kezia Nathalia. Terus terang, keberadaan Virtual Wushu Championships 2020 ini mengembalikan semangat anak-anak dalam berlatih dan bertanding di masa pandemi Covid 19," tambah Manajer Sasana Gaung Wushu Kediri, Rissa Basuki. ***