PEKANBARU, GORIAU.COM - Calon Gubernur Riau Herman Abdullah mengatakan telah mempersiapkan saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) seluruh Riau. Setiap saksi mendapatkan honor sebesar Rp 150.000.

"Terlepasa dipotong atau tidaknya, saya sudah kirim uang untuk saksi di seluruh Riau sebanyak Rp 150.000 per kepala," ungkap Herman saat ditemui GoRiau.com di Balai Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Selasa (26/11/2013).

Ia menegaskan, saksi-saksi tersebut sudah dipersiapkan secara matang sejak lima hari yang lalu. Jumlahnya sekitar 11.700 orang. Lebih banyak dibandingkan dengan jumlah TPS. Jumlah TPS dalam Pilgubri hanya 11.669.

Berlebihnya saksi tersebut diungkapkan Herman, sengaja dilakukan. Pasalnya ada saksi berlapis di Kabupaten Rokan Hilir. Ia memasang 3 hingga 5 orang saksi. "Ini sengaja kita lakukan, untuk mengantisipasi kecurangan disana," bebernya.

"Kalau di kabupaten lain, saya rasa satu saksi cukup," ulas Herman. Untuk itu, Herman Abdullah menggelontorkan dana Rp 1,75 miliar hanya untuk saksi.

Ia meyakinkan, seluruh saksi sudah siap untuk mengawal Pilgubri yang akan berlangsung besok, Rabu (27/11/2013).(san)