PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru mengimbau warga agar tidak menggelar perlombaan panjat pinang untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2020 mendatang. Hal ini untuk mencegah resiko penularan Covid-19.

"Panjat pinang kalau bisa dihindari, karena itukan jarak antar orangnya sangat berdekatan, begitu juga dengan lomba-lomba lain yang mengharuskan kedekatan jarak fisik, dihindari saja. Karena physical distancing itu perlu dilakukan," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri, Jumat (7/8/2020).

Sementara itu, Azwendi mengungkapkan pihaknya sepakat dengan kebijakan Pemko Pekanbaru, yang membolehkan masyarakat menggelar perlombaan untuk merayakan hari besar bangsa Indonesia tersebut. Namun dia berharap, masyarakat tetap disiplin dengan imbauan protokol kesehatan, menggunakan masker dan mengecek suhu tubuh.

Ia juga meminta agar masyarakat yang merasa tidak enak badan atau sedang sakit, agar tetap di rumah.

"Perayaan 17 Agustus itukan untuk mengenang sejarah perjuangan pahlawan kita, kita tetap mendukung (menggelar perlombaan, red) selama menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker dan jaga jarak, warga yang sedang kurang sehat tetap di rumah," pungkasnya.***