PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus meminta agar instansi terkait segera menyelesaikan pembayaran gaji tenaga kesehatan (Nakes) yang tertunggak. Yaitu gaji tenaga kontrak yang berada di Rusunawa Rejosari dan RSD Madani Pekanbaru, yang belum dibayar untuk 3 bulan bekerja.

"Segera diselesaikan, gaji yang menjadi hak mereka segera dibayarkan. Karena ini untuk kesejahteraan mereka," ujar Firdaus, Senin (12/4/2021).

Firdaus mengaku merasa malu karena adanya tenaga kesehatan yang merasa kesulitan. Apalagi saat ini, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19.

"Sekarang sudah masuk April, mereka belum gajian. Kondisi ekonomi saat ini kita juga pahamlah, maka saya ingatkan kepala dinas kesehatan dan direktur RSD Madani harus menuntaskan permasalahan ini," jelasnya.

Disamping itu, Firdaus mengatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru sudah memberikan arahan kepada kedua instansi tersebut, agar tidak saling menunggu dalam memproses pembayaran gaji tenaga medis. RSD Madani juga dinilai sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah, (BLUD). Sehingga mampu mengelola keuangan sendiri baik pendapatan maupun pengeluaran.

"Kalau bisa rumah sakit realisasikan ya realisasikan saja. Janga tunggu dinas, bayarkan segera," ungkapnya. ***