PEKANBARU - Menjadi narasumber dalam acara pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKM), Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution sampaikan 6 jurus untuk kelancaran selama kuliah kepada mahasiswa fakultas teknik Universitas Riau (Unri).

Dihadapan 981 mahaswa baru, orang nomor dua di Bumi Lancang Kuning mengulas satu persatu 6 jurus tersebut.

Pertama, Edy berpesan kepada mahasiswa baru agar jangan pernah merasa ragu terhadap potensi diri, sebab mereka telah lulus dari persaingan 18.000 peserta yang ingin kuliah di Fakultas Teknik

Yang kedua, pentingnya momen PKKMB untuk mencari teman baru, menurut Edy pergaulan pertemananlah yang akan memberikan pengaruh besar, termasuk seberapa lama waktu mahasiswa dalam menempuh pendidikan di universitas.

"Kalian harus pandai-pandai memilih teman, menentukan teman hari ini akan menentukan berapa tahun kalian berada disini. Teman yang baik akan berdampak baik pada kita. Oleh karnanya saya katakan carilah teman sebaik-baiknya sebab memilih teman adalah memilih masa depan," kata Edy di Unri (8/8/2019).

Ketiga, pentingnya membangun kepercayaan diri bahwa bisa melakukan apapun, dalam motivasinya Edy mengajak mahasiswaagar selalu berusaha, sebab apapun kerja keras yang dilakukan pasti membawakan hasil.

Yang ke empat yaitu pelajari cara bagaimana mengatur keuangan, menurut Edy hal ini sangat penting karena tidak semua mahasiswa memiliki uang saku dalam jumlah yang sama.

Dengan kemahiran mengelola keuangan dengan baik akan berdampak baik untuk diri sendiri.

Kelima yaitu menemukan cara belajar yang paling ideal yang sesuai dengan yang diinginkan, menurutnya beberapa orang memiliki cara yang berbeda. Walaupun egitu konsisten dengan cara belajar akan memperoleh tamat tepat waktu.

Terakhir, Edy menyampaikan pentingnya untuk manafaatkan teknologi untuk mendapatkan informasi terbaru seputar pendidikan. Sebab perkembangan teknologi informasi dimasa sekarang sudah berkembang sangat pesan.

Diakhir kuliah umum, Edy mengharapkan seluruh mahasiswa dapat memahami dan menerapkan 6 jurus yang telah disampaikan, agar target-target yang ingin dicapai segera diraih.

"Setidak-tidaknya nanti kita akan lebih mudah untuk melakukan kegiatan lainnya, apakah itu 4 sampai 5 tahun kedepan di universitas ini," tutupnya. ***