SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim menggelar safari ramadhan dan sholat tarawih bersama masyarakat Desa Pelantai Kecamatan Merbau, kegiatan dalam rangka meningkatkan silahturahmi antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan masyarakat Kecamatan Merbau itu dipusatkan di Masjid As-Syuhada, Desa Pelantai, Kecamatan Merbau, Senin (13/5/2019) malam.

Turut mendampingi Wabup, Asisten II Sekdakab Meranti Drs. Said Asmaruddin, Staf Ahli Bupati Drs. H. Askandar, ustadz Jufri, Kabag Kesra Sekdakab Meranti Drs. Husni Gamal, Kabag Humas Meranti Hery Saputra SH, Kabag Ekonomi Afifuddin, Camat Merbau Wan Fahriarmi, Kapolsek Merbau Iptu Roemi Putra, Danramil Merbau Peltu TNI Lakatang, Kades Pelantai Amuniruddin, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat dan para jemaah yang memadati masjid As-Syuhada.

Seperti diketahui kegiatan safari ramadhan Pemkab Meranti ini bertujuan untuk meningkatkan Silahturahim antara Pemkab Meranti dan masyarakat yang bersinergi untuk sama-sama membangun Meranti.

Kegiatan safari ramadhan Pemkab Meranti di Masjid As-Syuhada juga dikemas dengan penyerahan bantuan masjid yang diserahkan oleh Wakil Bupati kepada perwakilan pengurus masjid.

Ads
Mengawali acara Camat Merbau Wan Fahriarmi dalam pidatonya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wakil Bupati dan rombongan yang telah menyempatkan diri bersilahturahmi dengan masyarakat.

Selanjutnya terkait pembangunan infrastruktur Camat menyampaikan bahwa warga Desa Pelantai sangat mengidamkan pelabuhan Pelantai yang representatif, jalan Meranti Bunting-Belitung yang kondisinya cukup memprihatinkan karena berdebu saat panas dan becek saat hujan. Sementara terkait pembangunan Pemerintah akan membangun Pelabuhan RoRo di Lukit sebagai penghubung Kecamatan Merbau dengan Pulau Sumatera.

Selain masalah Infrastruktur Camat Merbau juga menjelaskan situasi Kecamatan setelah pelaksanaan Pemilu 2019 yang cukup kondusifitas, tertib dan lancar dengan partisipasi pemilih diatas 70 persen.

Sementara, Wakil Bupati Meranti dalam pidatonya menyampaikan komitmen Pemkab Meranti yang terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan Infrastruktur diseluruh wilayah Kepulauan Meranti, agar dapat berjalan maksimal. Pemkab Meranti akan berupaya meraih dana pusat dan Provinsi karena jika hanya mengandalkan anggaran APBD Kabupaten yang sangat terbatas tidak akan cukup. 

Dijelaskan Wabup untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kecamatan yang ada di Meranti, Pemkab akan mengupayakan dana Provinsi. Seperti pembangunan jalan Meranti Bunting-Belitung dan Jambatan Pelantai di Kecamatan Merbau.

Lebih jauh disampaikan Wabup, salah satu yang sedang diupayakan Pemkab Meranti dalam waktu dekat untuk membuka isolasi daerah memanfaatkan dana APBN adalah dengan mengaktifkan RoRo Insit Laut Alai-Pelabuhan Buton Siak, jika tak ada aral melintang akan beroperasi sebelum Lebaran Idul Fitri 1440 H mendatang.

Pada kesempatan itu, Wabup juga mengingatkan kepada masyarakat jangan sampai menjual tanahnya disaat Pemerintah sedang menggesa pembangunan Infrastruktur jalan karena jalan yang dibangun adalah untuk meningkatkan akses dan membangun ekonomi masyarakat tempatan.

"Jangan sampai jalan selesai tanah masyarakat sudah menjadi milik orang luar akhirnya tujuan pemerintah membangun ekonomi masyarakat tempatan tidak tercapai," jelasnya.

Selanjutnya Wabup meminta program pemberdayaan ekonomi, kesehatan dan gizi masyarakat lebih diprioritaskan. Wabup tidak ingin masyarakat khususnya anak-anak kurang gizi karena akan berdampak pada kualitas SDM Meranti dimasa depan.

"Jangan sampai terjadi di kampung kita ini gunakan anggaran desa untuk mendata masyarakat miskin dan membantu pemberdayaan ekonomi," ujar Wabup.

Terakhir Wabup mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid, menjadikan anak-anak sebagai Hafiz Qur'an agar negeri Meranti menjadi negeri yang diberkahi Allah.

Kegiatan safari ramadhan Pemkab Meranti pada malam ke-9 Ramadhan juga diisi dengan Tausiah dari ustadz Jufri yang mengajak masyarakat untuk mengevaluasi diri dibulan penuh berkah ini, agar tidak menjadi umat yang merugi ia mengingatkan ibadah ramadhan tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.  

Kemudian meminta masyarakat melaksanakan sunah rasul saat berpuasa, pertama mensegerakan berbuka puasa, mengawali buka puasa dengan memakan qurma, kedua berbuka dengan mengucap doa kepada Allah agar lebih diberkahi, mengajak umat muslim peduli kepada lingkungan dan masyarakat, menjaga diri dari bahasa yang kotor.

"Mari manfaatkan waktu yang diberikan oleh Allah untuk melaksanakan amaliyah ramadhan, dan diakhir ramadhan menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah," ucap ustadz Jufri.

Kegiatan  silaturahmi yang berlangsung hangat dan khidmat itu ditutup dengan acara salam-salaman antara Wakil Bupati Kepulaun Meranti Drs H Said Hasyim dan rombongan dengan masyarakat Kecamatan Merbau khususnya jamaah Masjid As-Syuhada Desa Pelantai. (rls)